BAB VII
KESIMPULAN DAN SARAN
7.1 Kesimpulan
Setelah melakukan berbagai analisis internal dan eksternal untuk menghadapi persaingan pada tahun 2016-2018 penulis menyimpulkan bahwa Catering H. Halim berada pada level grow and build.
Artinya Catering H. Halim harus terfokus pada Market Development, Market Penetration, Integration dan Product Development. Market Development untuk catering H. Halim utamanya ialah memasuki pasar-pasar baru seperti perusahaan-perusahaan, komunitas lingkungan, dan catering rumahan.
Fokus ini adalah salah satu tujuan utama untuk berkembangnya catering H. Halim. Market Penetration catering H.Halim menggunakan cara-cara penyebaran infomasi yang cepat,memakai jejaring sosial,dan memperluas areal pemberitaan informasi untuk calon konsumen lebih kenal dengan catering H.Halim. untuk fokus pada product development catering H.Halim terfokus untuk membuat menu makanan yang variatif serta selalu mengambil tanggapan yang di utarakan oleh konsumen.
Artinya Catering H. Halim harus terfokus pada Market Development, Market Penetration, Integration dan Product Development. Market Development untuk catering H. Halim utamanya ialah memasuki pasar-pasar baru seperti perusahaan-perusahaan, komunitas lingkungan, dan catering rumahan.
Fokus ini adalah salah satu tujuan utama untuk berkembangnya catering H. Halim. Market Penetration catering H.Halim menggunakan cara-cara penyebaran infomasi yang cepat,memakai jejaring sosial,dan memperluas areal pemberitaan informasi untuk calon konsumen lebih kenal dengan catering H.Halim. untuk fokus pada product development catering H.Halim terfokus untuk membuat menu makanan yang variatif serta selalu mengambil tanggapan yang di utarakan oleh konsumen.
Tahun pertama penulis melihat potensi yang ada di Catering H.Halim dan juga fokus pada membuat perencanaan strategis, melakukan pembenahan internal, dan mengembangkan media promosi H. Halim Catering. Fokus strategi tersebut dinilai sebagai pondasi H. Halim Catering sebelum mengembangkan bisnis kedepannya. Tahun berikutnya atau tahun ke-2 dari semua perencanaan selama 3 tahun ialah Setelah membangun pondasi dari internal, H. Halim Catering mempunyai fokus strategi untuk mengembangkan produk dan perlahan memperluas jaringan distribusi pemesanan. Kedua strategi tersebut dipilih untuk diimplementasikan pada tahun kedua karena H. Halim Catering sudah siap untuk mencoba mengembangkan produk yang didukung oleh kapabilitas dari sumber daya H. Halim Catering yang sudah dibenahi pada tahun pertama dan ekspansi jaringan distribusi. Setelah 2 tahun di lalui perencanaan penulis untuk tahun ke 3 ialah pembukaan cabang baru dengan manajemen yang sudah cukup baik, dan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.
7.2 Saran
Penulis melihat masih ada yang harus dikembangkan dari catering H.Halim mulai dari manajemen dan juga menu. H.Halim harus memperhatikan detail-detail kecil seperti standar operasi yang harus terus diperbaiki dari tahun ke tahun. Penulis juga melihat catering H.Halim harus menjalankan strategi yang sudah dibuat untuk dijalankan dan di terapkan agar catering H.Halim bisa terus berkembang.
DAFTAR PUSTAKA
David, Fred R. 2011.Strategic Management: Concept 13rd edition. Pearson Prentice Hall-International: New Jersey;
Kotler, Philip., & Keller, Kevin. (2011). Marketing Management, 14th edition, Prentice Hall.
Corey, E, Raymond. (1991). Industrial Marketing: Cases and Concepts, 4th edition
McCarthy, E, J., Cannon, J, P., & Perreault, W, D. (2008). Basic Marketing: A marketing Strategy Planning Approach, 17th edition, Mcgraw-Hill.
Osterwalder & Pigneur (2010), Business Model Generation, New Jersey, JohnWiley&Sons,Inc
Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Operations Management – Manajemen Operasi. Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
Marwan Asri, 1991, Marketing, Cetakan Kedua, AMP YKPN, Yogyakarta.
Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks
Chaerul D Djakman. 2001. “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Jakarta : PT. Sinar.
Pengertian Pasar dan Jenis-jenis Pasar Menurut Berbagai Pasar,
(http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-pasar-dan-jenis-jenis-pasar.html, diakses 4 Agustus 2015)
Strategi Pemasaran STP
(http://erdiasa38e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2012/03/06/strategi-pemasaran-stp/, diakses 21 Juni 2015)
Jenis Makanan yang ditolak karena Faktor Kebersihan
(http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/08/07/22/1056-80-persen-produk-
makanan-ditolak-karena-faktor-kebersihan, diakses 10 Juni 2015)
Artikel Terkait Analisis
- Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
- Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
- Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
- Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
- BAB V HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI