Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
Analisis SWOT
Matriks SWOT adalah kerangka / alat penting yang membantu untuk mengembangkan empat jenis strategi :
- Strategi SO (Strength and Opportunity). Strategi ini digunakan untuk menangkap dan memanfaatkan peluang industri yang ada dengan memaksimalkan kekuatan internal yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
- Strategi WO (Weakness and Opportunity). Strategi ini ditujukan untuk memperbaiki atau membenahi kelemahan yang dimiliki suatu perusahaan supaya dapat memanfaatkan atau mengambil peluang yang ada di industri.
- Strategi ST (Strength and Threat). Strategi ini ditujukan untuk mengurangi atau meminimalisir ancaman industri suatu perusahaan dengan memanfaatkan kekuatan internal suatu perusahaan.
- Strategi WT (Weakness and Threat). Strategi ini digunakan untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada suatu perusahaan untuk meminimalisir ancaman. Strategi ini merupakan strategi untuk bertahan dalam peta persaingan.
Dari keempat komponen dasar tersebut, Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) adalah faktor internal organisasi/perusahaan itu sendiri, sedangkan Oppoturnities (Peluang) dan Threats (Ancaman) merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan ataupun Organisasi. Oleh sebab itu, Analisis SWOT juga sering disebut dengan Analisis Internal-Eksternal (Internal-External Analisis) dan Matriks SWOT juga sering dikenal dengan Matrix IE (IE Matrix).
Berikut adalah beberapa pemilihan strategi yang bisa di implementasikan untuk pengembangan bisnis H. Halim Catering dengan menggunakan analisis SWOT.
Dari hasil analisis matriks TOWS, H Halim mendapatkan beberapa strategi-strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan bisnis H. Halim Catering tiga tahun kedepan. H. Halim Catering telah menentukan pilihan strategi baik dari SO Strategy, WO Strategy, ST Strategy, dan WT Strategy. Strategi besar yang digunakan oleh H. Halim Catering yaitu Market Development.
Tambahkan Pengetahuan Mu tentang Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia
Strategi tersebut dipilih karena melihat dari hasil analisis matriks TOWS. H. Halim Catering mempunyai rencana untuk mencari pasar baru yang akan dituju oleh H. Halim Catering dengan beberapa tahap mulai dari tahap pertama yaitu mempertahankan kualitas rasa makanannya, tahap kedua dengan membuat produk atau menu baru untuk menambah variasi sesuai dengan tren atau harapan pelanggan, tahap ketiga yaitu memperluas jaringan distribusi dan mengembangkan sistem pemasaran untuk pasar baru yang ingin dituju.
Berikut adalah penjelasan dari tahapan strategi yang dipilih H. Halim Catering untuk mengembangkan bisnisnya untuk periode 2016-2018;
- Memperluas jaringan distribusi pesanan (O1, O4, S1, S2).
- Membuat varian produk baru mengikuti tren setiap tahunnya dengan cita rasa khas H. Halim Catering (O2, S1, S3).
- Mengembangkan media promosi H. Halim Catering dengan implementasi promosi dengan sosial media (O3, W3).
- Mempertahankan kualitas dan harga agar tetap menjadi pilihan masyarakat dengan tetap menjaga hubungan yang baik dengan suplier untuk efisiensi biaya bahan baku (T1, T2, T3, T4, S1, S2, S3, S4).
- Membuat SOP yang jelas untuk proses operasional H. Halim Catering guna mendapatkan kinerja maksimal (T3, W1, W2)
Strategi-strategi tersebut akan diimplementasikan secara bertahap dalam waktu tiga tahun. Implementasi pilihan-pilihan tersebut akan dijelaskan pada uraian selanjutnya yang akan membahas mengenai rencana implementasi strategi H. Halim Catering dalam tiga tahun.
Cara Menggunakan Analisis SWOT
Untuk melakukan Analisis SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri seperti contoh-contoh berikut ini :
Strength (Kekuatan)
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh organsiasi ?
- Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi ?
- Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?
Weakness (Kelemahan)
- Apa yang dapat ditingkatkan dalam organisasi ?
- Apa yang harus dihindari oleh organisasi ?
- Faktorapa yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan organisasi kita ?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari organisasi kita ?
- Opportunities (Peluang)
- Kesempatan apa yang dapat kita lihat ?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan organisasi kita ?
Threats (Ancaman)
- Hambatan apa yang kita hadapi sekarang ?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing organisasi ?
- Perkembangan Teknologiapa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi ?
- Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi ?
Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Faktor-faktor yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT diantaranya adalah :
Faktor Internal (Strength dan Weakness)
- Sumber daya yang dimiliki
- Keuangan atau Finansial
- Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
- Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
- Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan Pemerintah
- Perkembangan Teknologi
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi
- Lingkungan
Contoh Analisis SWOT
Berikut ini adalah contoh sederhana dalam melakukanAnalisis SWOT dalam suatu mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman suatu perusahaan.Strength (Kekuatan)
- Kami dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.
- Kami memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi pelanggan kami.
- Kami sangat memperhatikan setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
- Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
- Kami memiliki reputasi yang baik pada market yang tekuni.
Weakness (Kelemahan)
- Staff kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
- Perusahaan kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
- Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
- Lokasi kantor yang letaknya di tempat yang kurang strategis.
Opportunities (Peluang)
Sektor yang kami tekun ini sedang mengalami kenaikanPemerintah sangat mendukung perusahaan lokal seperti kami
Threats (Ancaman)
- Perkembangan Teknologi yang cepat di market ini yang berada di luar kemampuan kami akan menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.
- Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di market.
- Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.