Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya

Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Bali, Solo, Bekasi, Sentul, Tebet, Jakarta Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya

Pendahuluan


Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman,dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu memebayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus (Sulastiyono, 2011:5). 
Penyediaan perlengkapan-perlengkapan fisik untuk memberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan aktivitas-aktifitasnya dan juga kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan tamu dapat terpenuhi  dan  tamu  merasa  nyaman  selama  berada  atau  tinggal di  dalam  hotel. 

Harris Suites Fx Sudirman adalah hotel bintang empat di pusat kota Jakarta yang bernaung di bawah Grup Tauzia Hotel Management, hotel ini memiliki 144 kamar, gym,  swimming pool, tennis court, dan sepuluh ruangan meeting yang memuat enam sampai enam belas orang. Didesain untuk jangka waktu tinggal sebentar maupun panjang, Harris Suites Fx Sudirman memiliki akses langsung ke Fx lifestyle X’enter Mall dan jarak yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki ke Plaza Senayan dan kompleks Olahraga Senayan. 

Para tamu bisa menikmati akses gratis internet di se.luruh  ruangan  hotel  dimana  kamar  yang  tersedia juga dilengkapi  oleh  LCD  flat  screen dan  pilihan  saluran  tv  internasional Hotel Harris Suites Fx sudirman sendiri mempunyai beberapa media online  untuk mempermudah melakukan pengiklanan agar dapat lebih banyak dilihat para calon konsumen seperti di media online Instagram @harrisfxsudirman terdapat berbagai macam photo-sharing di halamannya, web (www.harrishotels.com) di dalamnya terdapat informasi mengenai harris hotel yang menarik, dan di beberapa aplikasi booking online seperti Traveloka, Agoda, dan sebagainya. 

Selain Harris, Hotel yang bernaung di bawah Grup Tauzia Hotel Management adalah Pop Hotel namun hotel ini berbeda dari Harris, Pop Hotel adalah hotel budget bintang tiga yang cocok untuk para backpacker dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Harris yang cocok untuk penginapan keluarga dan biasanya gedung Pop Hotel berada persis di samping gedung Harris Hotel.

Dalam menjalankan usaha tentu tidak mungkin jika perusahaan tidak memiliki pesaing, Harris Hotel juga memiliki pesaing di bidang yang sama yaitu seperti The Sultan Hotel yang berada di Jakarta selatan. Bersaing ketat dengan Harris karena kedua hotel tersebut banyak memiliki beberapa kesamaan yaitu seperti sama-sama berbintang empat, memiliki fasilitas sama seperti kolam renang, lapangan olahraga, ruang kebugaran, dan lain-lain. Perbedan yang sangat mencolok dari kedua hotel ini adalah gaya yang sangat berbeda dan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Harris Hotel memiliki gaya yang fresh, stylish, dan energic dengan perpaduan warna oranye membuat siapapun yang melihatnya akan merasa fresh, berbeda dengan Sultan Hotel yang memiliki nuansa kebudayaan Indonesia yang sangat kental di setiap ornament pada desain ruangannya.

Tipe kamar yang di tawarkan di Hotel Harris Fx Suites Sudirman sendiri ada empat yaitu, Harris Room, Harris Unique, Harris Bright, dan Harris Suites dengan perbedaan masing-masing kamar hanyalah ukuran ruangannya saja mulai dari 29.0 m2, 30.0 m2, 32.0 m2, dan 60.0 m2. Dengan fasilitas yang ditawarkan di kamar tersebut dapat memilih ingin dengan sarapan pagi atau tidak, dan tentu dengan harga yang berbeda pula.

Faktor fasilitas juga berkaitan dengan kepuasan konsumen karena fasilitas mempunyai peranan penting yang berhubungan dengan presepsi konsumen yang diperoleh dari interaksi konsumen dengan fasillitas. Menurut Sulistiyono (dalam Yunus dan Budianto, 2014:6)  “Fasilitas adalah penyediaan perlengkapan-perlengkapan fisik untuk memeberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan-kebutuhan dapat terpenuhi selama tinggal di hotel”. 

Hotel tentunya menyediakan kamar-kamar untuk menginap bagi para tamu, makanan, dan minuman, serta fasilitas-fasilitas yang lain seperti tempat rapat, seminar, kedai kopi, sehingga memperlukan ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang baik untuk mampu bersaing. 

Hotel Harris Suites Fx Sudirman memiliki beberapa fasilitas yang berbeda dari kebanyakan hotel-hotel lainnya yaitu seperti memiliki akses langsung ke Fx lifestyle X’enter Mall oleh karena itu para tamu yang menginap di Harris bisa langsung berjalan kaki untuk menuju mall, lalu di dalam kamar terdapat sebuah Harris Big Hug (guling) yang mana jarang ditemukan di hotel-hotel lain dan yang tak kalah menariknya terdapat lapangan Tennis untuk para tamu. Karena Harris Suites Fx Sudirman berada persis di Fx lifestyle X’enter Mall terdapat beberapa kekurangan atau ketidaknyamanan bagi para tamu yang akan menginap di hotel. Seperti lobby yang berada di dalam mall sehingga tamu sulit mencari dan tempat  parkir  yang  disediakan  bersama  untuk  para  pengunjung  mall.

Tauzia Hotel Management membentuk rangkaian hotel menjadi beberapa brand. Hingga saat ini, jaringan Hotel Harris sudah menyebar ke beberapa kota di Indonesia, seperti: Bali, Jakarta, Batam, Bandung, Malang, dan Surabaya. Harris Hotel & Resort adalah konsep pertama yang dibuat oleh Tauzia Hotel Management dengan hotel pertamanya di Batam. Sejak dibuka pertama kali di Batam, Harris Hotel telah mengembangkan budaya inovasi di bidang desain, pemasaran dan perhotelan. Pada tahun 2003, Harris Hotel Tuben Bali beroperasi, disusul Batam, Tebet (Jakarta), dan pada tahun 2010, Harris Kelapa Gading Jakarta dan Bandung beroperasi. Tahun 2013 Harris Hotel and Convention Malang resmi dibuka dan menjadi hotel pertama di kawasan Jawa Timur. Dan pada tahun 2014, Harris Hotels membuka cabang hotelnya di Surabaya, Jawa Timur.
Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan (Tjiptono, 2011:59). Pelayanan disini adalah segala macam bentuk pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel selama tamu atau konsumen tersebut berada di hotel, meliputi pelayanan yang diberikan oleh receptionist, bell boy, room service, security, cleaning service, dan lain-lain. Pada saat ini sudah banyak usaha yang bergerak di bidang jasa perhotelan, sehingga pihak Hotel Harris harus dapat menjaga kepuasan konsumen yang menggunakan jasanya dan dalam memberikan pelayanan mengutamakan kenyamanan, keramahan dan keamanan bagi konsumennya sehingga para konsumen bisa merasa puas dan dapat meminimalkan persaingan dengan hotel lainnya dengan pelayanan dan hospitality yang baik dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen. Tentu  harus lebih diperhatikan pada pelayanan di hotel Harris adalah grooming para pegawai agar telihat lebih rapih seperti mengikat rambut yang panjang karena di Harris pegawai tidak diwajibkan untuk mengikat rambut terkhusus untuk pegawai wanita.

Fasilitas yang memadai dan kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang diberikan oleh Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Rangkuti (2011:31) menyatakan bahwa kepuasan konsumen adalah respon atau reaksi terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakan setelah penggunaan atau pemakaian. 

Secara umum kepuasan dapat diartikan sebagai suatu perbandingan antara layanan atau hasil yang diterima konsumen dengan harapan konsumen, layanan atau hasil yang diterima itu paling tidak harus sama dengan harapan konsumen, atau bahkan melebihinya. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan,  maka konsumen akan meninggalkan hotel dan tidak akan kembali menggunakan jasa hotel tersebut. Semua ini mendorong pihak manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi dari konsumen sebagai masukan agar kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada pada Hotel Harris Suites Fx Sudirman sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. 

Berdasarkan latar belakang di atas saya tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Harris Suites  FX  Sudirman”.

Identifikasi Masalah

Dari beberapa uraian yang dikemukakan pada latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut :
  1. Adanya pesaing di bidang perhotelan yang semakin ketat.
  2. Fasilitas lobby yang berada di dalam mall.
  3. Fasilitas area parkir yang harus mumpuni agar konsumen merasa nyaman.
  4. Kualitas pelayanan grooming para pegawai yang harus dijaga untuk membuat konsumen merasa nyaman.

Pembatasan Masalah

Terdapat beberapa hal di Hotel Harris Suites Fx Sudirman yang senyata-nyatanya akan menjadi pembatas masalah pada penelitian ini dikarenakan hotel ini merupakan confidential perusahaan. Sehingga penulis membatasi penelitiannya hanya pada :
  1. Hotel Harris Suites Fx Sudirman yang terletak di jalan Sudirman Jakarta Pusat.
  2. Konsumen yang menginap di Hotel Harris Suites Fx Sudirman.
  3. Penelitian di bulan November-Desember 2019.

Perumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka permasalahan yang dapat diangkat  dalam penelitian ini adalah:
  1. Bagaimana pengaruh fasilitas secara parsial terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?
  2. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?
  3. Bagaimana pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?

Tujuan Penelitian


Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
  1. Untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
  2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
  3. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  di hotel Harris Suites Fx Sudirman.

Manfaat Penelitian


Berdasarkan tujuan penelitian, maka manfaat penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan fasilitas dan pelayanan untuk suatu jasa guna menciptakan kepuasan pada pelanggan untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing terhadap perusahaan.
  2. Bagi Akademisi. Sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian di bidang manajemen pemasaran khususnya penelitian yang terkait dengan pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
  3. Bagi Penulis. Dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalam serta menjadi sarana untuk mengimplementasikan pengetahuan secara teoritis dari apa yang telah diterima selama dibangku kuliah dan sarana untuk berpikir secara logis dan sistematis.
Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian