Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Bali, Solo, Bekasi, Sentul, Tebet, Jakarta Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
Pendahuluan
Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman,dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu memebayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus (Sulastiyono, 2011:5).
Penyediaan perlengkapan-perlengkapan fisik untuk memberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan aktivitas-aktifitasnya dan juga kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan tamu dapat terpenuhi dan tamu merasa nyaman selama berada atau tinggal di dalam hotel.
Harris Suites Fx Sudirman adalah hotel bintang empat di pusat kota Jakarta yang bernaung di bawah Grup Tauzia Hotel Management, hotel ini memiliki 144 kamar, gym, swimming pool, tennis court, dan sepuluh ruangan meeting yang memuat enam sampai enam belas orang. Didesain untuk jangka waktu tinggal sebentar maupun panjang, Harris Suites Fx Sudirman memiliki akses langsung ke Fx lifestyle X’enter Mall dan jarak yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki ke Plaza Senayan dan kompleks Olahraga Senayan.
Para tamu bisa menikmati akses gratis internet di se.luruh ruangan hotel dimana kamar yang tersedia juga dilengkapi oleh LCD flat screen dan pilihan saluran tv internasional Hotel Harris Suites Fx sudirman sendiri mempunyai beberapa media online untuk mempermudah melakukan pengiklanan agar dapat lebih banyak dilihat para calon konsumen seperti di media online Instagram @harrisfxsudirman terdapat berbagai macam photo-sharing di halamannya, web (www.harrishotels.com) di dalamnya terdapat informasi mengenai harris hotel yang menarik, dan di beberapa aplikasi booking online seperti Traveloka, Agoda, dan sebagainya.
Selain Harris, Hotel yang bernaung di bawah Grup Tauzia Hotel Management adalah Pop Hotel namun hotel ini berbeda dari Harris, Pop Hotel adalah hotel budget bintang tiga yang cocok untuk para backpacker dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Harris yang cocok untuk penginapan keluarga dan biasanya gedung Pop Hotel berada persis di samping gedung Harris Hotel.
Dalam menjalankan usaha tentu tidak mungkin jika perusahaan tidak memiliki pesaing, Harris Hotel juga memiliki pesaing di bidang yang sama yaitu seperti The Sultan Hotel yang berada di Jakarta selatan. Bersaing ketat dengan Harris karena kedua hotel tersebut banyak memiliki beberapa kesamaan yaitu seperti sama-sama berbintang empat, memiliki fasilitas sama seperti kolam renang, lapangan olahraga, ruang kebugaran, dan lain-lain. Perbedan yang sangat mencolok dari kedua hotel ini adalah gaya yang sangat berbeda dan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Harris Hotel memiliki gaya yang fresh, stylish, dan energic dengan perpaduan warna oranye membuat siapapun yang melihatnya akan merasa fresh, berbeda dengan Sultan Hotel yang memiliki nuansa kebudayaan Indonesia yang sangat kental di setiap ornament pada desain ruangannya.
Tipe kamar yang di tawarkan di Hotel Harris Fx Suites Sudirman sendiri ada empat yaitu, Harris Room, Harris Unique, Harris Bright, dan Harris Suites dengan perbedaan masing-masing kamar hanyalah ukuran ruangannya saja mulai dari 29.0 m2, 30.0 m2, 32.0 m2, dan 60.0 m2. Dengan fasilitas yang ditawarkan di kamar tersebut dapat memilih ingin dengan sarapan pagi atau tidak, dan tentu dengan harga yang berbeda pula.
Faktor fasilitas juga berkaitan dengan kepuasan konsumen karena fasilitas mempunyai peranan penting yang berhubungan dengan presepsi konsumen yang diperoleh dari interaksi konsumen dengan fasillitas. Menurut Sulistiyono (dalam Yunus dan Budianto, 2014:6) “Fasilitas adalah penyediaan perlengkapan-perlengkapan fisik untuk memeberikan kemudahan kepada para tamu dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatannya, sehingga kebutuhan-kebutuhan dapat terpenuhi selama tinggal di hotel”.
Hotel tentunya menyediakan kamar-kamar untuk menginap bagi para tamu, makanan, dan minuman, serta fasilitas-fasilitas yang lain seperti tempat rapat, seminar, kedai kopi, sehingga memperlukan ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang baik untuk mampu bersaing.
Hotel Harris Suites Fx Sudirman memiliki beberapa fasilitas yang berbeda dari kebanyakan hotel-hotel lainnya yaitu seperti memiliki akses langsung ke Fx lifestyle X’enter Mall oleh karena itu para tamu yang menginap di Harris bisa langsung berjalan kaki untuk menuju mall, lalu di dalam kamar terdapat sebuah Harris Big Hug (guling) yang mana jarang ditemukan di hotel-hotel lain dan yang tak kalah menariknya terdapat lapangan Tennis untuk para tamu. Karena Harris Suites Fx Sudirman berada persis di Fx lifestyle X’enter Mall terdapat beberapa kekurangan atau ketidaknyamanan bagi para tamu yang akan menginap di hotel. Seperti lobby yang berada di dalam mall sehingga tamu sulit mencari dan tempat parkir yang disediakan bersama untuk para pengunjung mall.
Tauzia Hotel Management membentuk rangkaian hotel menjadi beberapa brand. Hingga saat ini, jaringan Hotel Harris sudah menyebar ke beberapa kota di Indonesia, seperti: Bali, Jakarta, Batam, Bandung, Malang, dan Surabaya. Harris Hotel & Resort adalah konsep pertama yang dibuat oleh Tauzia Hotel Management dengan hotel pertamanya di Batam. Sejak dibuka pertama kali di Batam, Harris Hotel telah mengembangkan budaya inovasi di bidang desain, pemasaran dan perhotelan. Pada tahun 2003, Harris Hotel Tuben Bali beroperasi, disusul Batam, Tebet (Jakarta), dan pada tahun 2010, Harris Kelapa Gading Jakarta dan Bandung beroperasi. Tahun 2013 Harris Hotel and Convention Malang resmi dibuka dan menjadi hotel pertama di kawasan Jawa Timur. Dan pada tahun 2014, Harris Hotels membuka cabang hotelnya di Surabaya, Jawa Timur.
Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan (Tjiptono, 2011:59). Pelayanan disini adalah segala macam bentuk pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel selama tamu atau konsumen tersebut berada di hotel, meliputi pelayanan yang diberikan oleh receptionist, bell boy, room service, security, cleaning service, dan lain-lain. Pada saat ini sudah banyak usaha yang bergerak di bidang jasa perhotelan, sehingga pihak Hotel Harris harus dapat menjaga kepuasan konsumen yang menggunakan jasanya dan dalam memberikan pelayanan mengutamakan kenyamanan, keramahan dan keamanan bagi konsumennya sehingga para konsumen bisa merasa puas dan dapat meminimalkan persaingan dengan hotel lainnya dengan pelayanan dan hospitality yang baik dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen. Tentu harus lebih diperhatikan pada pelayanan di hotel Harris adalah grooming para pegawai agar telihat lebih rapih seperti mengikat rambut yang panjang karena di Harris pegawai tidak diwajibkan untuk mengikat rambut terkhusus untuk pegawai wanita.
Fasilitas yang memadai dan kualitas pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang diberikan oleh Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Rangkuti (2011:31) menyatakan bahwa kepuasan konsumen adalah respon atau reaksi terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakan setelah penggunaan atau pemakaian.
Secara umum kepuasan dapat diartikan sebagai suatu perbandingan antara layanan atau hasil yang diterima konsumen dengan harapan konsumen, layanan atau hasil yang diterima itu paling tidak harus sama dengan harapan konsumen, atau bahkan melebihinya. Apabila konsumen merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan, maka konsumen akan meninggalkan hotel dan tidak akan kembali menggunakan jasa hotel tersebut. Semua ini mendorong pihak manajemen perusahaan untuk mendapatkan informasi dari konsumen sebagai masukan agar kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada pada Hotel Harris Suites Fx Sudirman sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen.
Berdasarkan latar belakang di atas saya tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Harris Suites FX Sudirman”.
Identifikasi Masalah
Dari beberapa uraian yang dikemukakan pada latar belakang, maka dapat diidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut :
- Adanya pesaing di bidang perhotelan yang semakin ketat.
- Fasilitas lobby yang berada di dalam mall.
- Fasilitas area parkir yang harus mumpuni agar konsumen merasa nyaman.
- Kualitas pelayanan grooming para pegawai yang harus dijaga untuk membuat konsumen merasa nyaman.
Pembatasan Masalah
Terdapat beberapa hal di Hotel Harris Suites Fx Sudirman yang senyata-nyatanya akan menjadi pembatas masalah pada penelitian ini dikarenakan hotel ini merupakan confidential perusahaan. Sehingga penulis membatasi penelitiannya hanya pada :
- Hotel Harris Suites Fx Sudirman yang terletak di jalan Sudirman Jakarta Pusat.
- Konsumen yang menginap di Hotel Harris Suites Fx Sudirman.
- Penelitian di bulan November-Desember 2019.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah:
- Bagaimana pengaruh fasilitas secara parsial terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?
- Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?
- Bagaimana pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
- Untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
- Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
- Untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian, maka manfaat penelitian adalah sebagai berikut:
- Bagi Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan fasilitas dan pelayanan untuk suatu jasa guna menciptakan kepuasan pada pelanggan untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing terhadap perusahaan.
- Bagi Akademisi. Sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian di bidang manajemen pemasaran khususnya penelitian yang terkait dengan pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di hotel Harris Suites Fx Sudirman.
- Bagi Penulis. Dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengalam serta menjadi sarana untuk mengimplementasikan pengetahuan secara teoritis dari apa yang telah diterima selama dibangku kuliah dan sarana untuk berpikir secara logis dan sistematis.