Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)

Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen


Tata graha departemen, untuk kebanyakan hotel merupakan departemen yang memberikan keuntungan yang paling besar. Karena tamu akan menginap tentu banyak mengeluarkan uang lebih banyak untuk menginap bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum dan pengeluaran lain. Sebagai sumber pendapatan, tata graha departemen tentu harus ditangani dengan serius oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.


Fungsi tata graha dalam hotel sangat penting. Kelancaraan penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh tata graha oleh karena itu maka tata graha harus diperhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.


Beberapa sasaran kerja tata graha adalah:

Bersih

Kebersihan disuatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentuan banyak hal. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygine terjamin. Hal ini merupakan kesan pertama tamu dalam menilai sebuah hotel.
Nyaman

Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal serta pada akhirnya tamu tersebut bersedia berunjung kembali ke hotel.


Aman

Faktor penting yang selalu didambakan pengunjung atau tamu pada sebuah hotel adalah keamanan. Keamanan tamu selama berunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.

Menarik

Berpedoman pada kebersihan pada setiap ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.

Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab departemen tata graha secara keseluruhan:

Tugas dan tanggung jawab manajemen

Di lingkungan kerja departemen tata graha meliputi tenaga dan material atau bahan-bahan mahal, maka departemen tata graha harus melakukan hal-hal sebagai berikut:


  • Mengadakan latihan berkala terhadap karyawan sehingga tercapai efisiensi tenaga secara opitmal.
  • Memilih dan menentukan cleaning equipment dan cleaning material yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Selalu mengadakan inventarisasi terhadap semua barang.
  • Mengusahakan sistem komunikasi yang baik.


1) Menciptakan ruangan yang comfortable (menyenangkan).
2) Mengusahakan ruangan yang terjamin kebersihan dan keamanannya misalnya:

(1) Karpet tidak boleh berlipat-lipat.

(2) Air yang menggenang harus segera dikeringkan.

(3) Kaca yang terlalu bersih harus diberi tanda.

(4) Memperhatikan hal-hal kecil tetapi penting, misalnya ruangan yang gelap, kursi-kursi yang melintang, lantai yang telalu licin maupun putung rokok yang masih menyala.

Tanggung jawab terhadap karyawan:

1) Departemen tata graha harus memiliki dedikasi dan saling membantu dan menunjang tanpa mengurangi wewenang masing-masing.

2)  Saling menghargai satu sama lain dan selalu disiplin dengan waktu dan tugas masing-masing.

Tugas bagian tata graha adalah sebagai berikut:


  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2. Memberikan pelayanan di kamar dengn sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3. Penyiapaan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.


Ruangan yang Menjadi Tanggung Jawab Tata Graha
1. Ruang tamu
2. Corridor
3. Restaurant dan baquet
4. Ruang kantor
5. Loker karyawan
6. Toilet karyawan
7. Toilet tamu
8. Kolam renang
9. Parkir

Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha


Menurut Aulia Fadhli dalam buku pengantar housekeeping perhotelan (2017). Luasnya wilayah kerja tata graha departemen, maka untuk menjangkau seluruh wilayah dan area tersebut, tata graha dibagi menjadi beberapa seksi, adapun seksi-seksi yang ada di tata graha departemen adalah sebagai berikut:

Seksi kamar (Room section)

Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan kamar tamu. Petugasnya disebut pramugraha atau roomboy (pria) atau roommaid (wanita). Kepala seksinya disebut atau pengawas kamar tamu disebut room supervisior

Adapun tugas-tugas seorang room attendant:


  1. Selalu memeriksa kondisi kamar pada saat permulaan shift dan mencatat kondisi kamar tersebut.
  2. Membersihkan dan menggantikan linen kotor di kamar.
  3. Membersihkan kamar mandi dan kamar tidur .
  4. Menjaga kebersihanan dan kerapiaan dari segala kotoran.
  5. Melaporkan kepada supervisor apabila ada kerusakan atau kehilangan.


Seksi Area Umum (Public area section atau Houseman section).

Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kelengkapan semua ruangan hotel kecuali kamar tamu. Ruangan-ruangan dibawah seksi pengawasan houseman section adalah ruangan pelayanan umum untuk tamu seperti ruang tunggu, restauran, bar, ruang pertemuan, kamar kecil, ruang ganti pakaian dan sebagainnya. Untuk ruangan seksi umum ini, para petugasnya disebut houseman (pria) housemaid (wanita). Khusus untuk petugas toilet dan ruang ganti pakaian biasanya disebut “toilet attendant”.

Adapun tugas-tugas dari section ini adalah:


  1. Menjaga kebersihan semua area dan kantor-kantor serta serta function room seperti ruangan yang digunakan untuk kegiatan penyelenggaran rapat, bonus perjalanan, pertemuan, pameran, perjamuan dan lain-lain.
  2. Melakukan pekerjaan-pekerjaan khusus apabila ada acara tertentu atau perintah dari atasan.
  3. Memastikan semua sampah-sampah yang ada dihotel terdistribusi dengan baik, mulai dari mebuang sampah atau mengumpulkan sampah-sampah yang ada di tempat sampah dan dibawa ke tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh hotel.



Para pekerja area ini disebut dengan linen atau linen boy atau linen attendant. Pengawasannya disebut linen keeper atau “chief of linen room” atau pengawasaan ruang lena. Adapun tugas dan tanggung jawab seksi ini adalah:

1) Mempersiapkan semua jenis lena yang dibutuhkan oleh hotel.
2) Mengatur semua jenis pakaian seragam kerja seluruh karyawan hotel.

(1) Linen and uniforrm supervisior
(2) Linen supervisior
(3) Uniform supervisior
(4) Linen attendant
(5) Uniform attendant
(6) Tailor/seamstress

3) Mengatur linen-linen yang sudah bersih dan menempatkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4) Mengumpulkan linen-linen dari tata graha dan mengantarkan ke binatu.
5) Membuat laporan persediaan linen setiap hari.

Kelancaran untuk setiap tugas-tugas pada setiap seksi-seksi yang ada, maka dibutuhkannya seksi gudang tata graha. Seksi ini mengatur kelancaran dan tepat gunannya alat-alat secara akurat. Peralatan tersebut disimpan di gudang tata graha. Kepala seksi gudang tata graha disebut store keeper.

Secara teknis, tanggung jawab seksi ini adalah sebagai berikut:

1) Menyimpan peralatan dengan teratur, sehingga kerusakan dapat dihindari dan distribusi dapat dilaksanakan dengan cepat.

2) Memasukkan peralatan tata graha yang diambil dari general store.

3) Mendistribusikan kepada seksi-seksi yang memerlukan sesuai dengan permintaan.

4) Melakukan inventory terhadap semua peralatan secara berkala.

5) Mengajukan permintaan kepada general store atas persetujuan kepada tata graha.

Seksi Pengadaan Bunga (Florist)

Bunga sangat identik dengan  keindahan, maka dari itu untuk menciptakan suasana indah disetiap ruangan yang ada di lingkungan hotel diperlukan tanaman hias dan karangan atau rangkaian bunga. Dalam hotel besar, keperluan ini ditangani seksi pemeliharaan bunga atau florist section.

Adapun tugas utama dari seksi ini adalah:

1) Mempersiapkan, mengadakan atau melakukan rangkaian bunga-bunga.

2) Penyimpanan tanaman hias atau rangkaian bunga.

3) Mengirim atau mendistribusikan bunga-bunga sesuai dengan fungsinya.

4) Pengambilan peralataan (dear up).



Kegiatan pencucian yang dimaksud disini meliputi kegiatan mencuci, mengeringkan, menyetrika dan mengadakan pencatatan (administrasi). Kepala seksi ini disebut kepala dobi atau laundry supervisior.

Seksi ini bertanggung jawab untuk hal-hal berikut ini:

1) Pencucian pakaian tamu.

2) Pencucian semua linen hotel

3) Pencucian pakaian seragam karyawan hotel

Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian