Pengertian Food And Beverage Department, American service, French Service, Russian Service, English Service

Pengertian Food And Beverage Department 

Food and Beverage Department adalah bagian dari hotel yang mengelola dan bertanggung jawab atas kebutuhan  makanan dan minuman serta kebutuhan terkait lainnya dari pelanggan yang bertempat tinggal maupun  tidak bertempat tinggal di hotel tersebut, yang dikelola secara bisnis dan profesional. Departemen makanan dan minuman merupakan departemen yang sangat  diperlukan  dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman di hotel, yang terbagi menjadi dua bagian yang saling bergantung yang harus bekerja sama. 2 (dua) bagian yaitu:

a. F&B  PRODUCT 

FandB Product adalah kantor yang  bertanggung jawab atas pengelolaan makanan. Produk FandB  tidak berhubungan langsung  dengan tamu, karena harus melalui perantara yang terdiri dari dapur, housekeeper.

b. F&B SERVICE 

F&B Service adalah salah satu outlet yang menyajikan makanan dan minuman pada tamu yang dibuat oleh F&B product. F&B Service yang langsung berhubungan dengan tamu terdiri dari bar, restaurant, banquet dan room service. 

 Restaurant 

Restoran adalah bagian dari departemen makanan dan minuman, yang misinya adalah menyediakan layanan makanan dan minuman komersial di hotel. 

 Bar 

Bar merupakan bagian dari food and beverage  department  yang bertugas menyiapkan minuman.

 Banquet 

Banquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event dari yang kecil sampai besar yang di selenggarakan di dalam hotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di ball room, garden hall. 

 Room Service 

Merupakan bagian dari food and beverage service, bertanggung jawab untuk menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan yang ingin memesan makanan dan minuman ke dalam kamar hotel. Layanan kamar buka  24 jam  menggunakan layanan troli atau baki.

Tujuan Food And Beverage Department 

Tujuan departemen food  and  beverage : 

1. Jual makanan dan minuman sebanyak mungkin dengan harga yang pas. 

2. Memberikan pelayanan pelanggan yang sebaik mungkin agar tamu merasa puas. Ini menyangkut kualitas pelayanan, kualitas makanan dan minuman, sikap staf, interior dan suasana sekitar, peralatan yang digunakan dan sanitasi. 

3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.

Fungsi F&B Department

Bagian Food dan Berage Department merupakan komponen yang sangat penting dari hotel karena merupakan sumber pendapatan kedua setelah penyewaan kamar.

Adapun fungsi dari F&B department yaitu: 

- Memenuhi selera (memberi kepuasan) bagi tamu. 

- Memelihara dan meningkatkan nama baik hotel. 

- Membuat keuntungan yang wajar. 

Pengertian Food and Beverage Service 

Layanan FandB menyediakan makanan dan minuman bagi orang-orang untuk berbagai kebutuhan mereka. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan yang dapat dicoba dipenuhi oleh pelanggan adalah: 

 1. Fisiologis: kebutuhan diet khusus 

 2. Ekonomis: kebutuhan untuk mendapatkan nilai terbaik dari harga yang dibayarkan. 

 3. Sosial : Suasana bersahabat, ekspresi perasaan terbuka. 

 4. Psikologis: kebutuhan untuk meningkatkan harga diri. 

 5. Kenyamanan: Kesediaan untuk membuat orang lain melakukan pekerjaan.

Kebutuhan tersebut sangat penting dalam menentukan faktor-faktor yang bertanggung jawab dalam menentukan berbagai  metode pelayanan dalam industri jasa makanan dan minuman. Apa layanan yang di maksudkan ?

S = Smile to everyone (tersenyumlah untuk semua orang) 

E = Excellent in everything we do (kerjakan segala sesuatunya semaksimal mungkin dan memuaskan) 

R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan mendekati tamu dengan sopan santun serta ramah-tamah)

V = Viewing every guest as special (memandang dengan perasaan yang sangat penuh perhatian) 

I  = Invitting guest to return (melakukan segala sesuatu yang terkesan terhadap tamu sehingga akan membuat tamu tersebut datang kembali).

C = Creating  a warm atmosphere (selalu membuat suasana yang akrab/hangat dengan tamu)  

E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu)

Jenis – jenis F&B Service 

 Table Service 

Suatu sistem pelayanan dimana tamu duduk di kursi menghadap meja makan. Kemudian makanan dan minuman diantarkan dan disajikan. 

Table service ini umumnya dibedakan menjadi 4 kategori yaitu : 

1) American service 

American service

American service merupakan pelayanan sederhana, tidak resmi, dan cepat. Salah satu bentuk pelayanan ini yaitu makanan sudah diporsikan atau disiapkan diatas piring. Makanan disajikan ke piring tamu yang di bawa dari dapur. Layanan jenis pada umumnya di pakai pada warung kopi yang mana layanan dituntut untuk cepat. American service adalah salah satu pelayanan yang sering digunakan dihotel pada saat ini.  

Aturan Dasar American Service : 

  • Semua jenis makanan yang disajikan kepada tamu dari sebelah kiri dan menggunakan tangan kiri. 
  • Semua jenis minuman yang disajikan kepada tamu dari sebelah kanan dan menggunakan tangan kanan 
  • Semua jenis minuman yang disajikan kepada tamu dari sebelah kanan dan menggunakan tangan kanan.

Keuntungan : 

  • Layanan efisien & cepat 
  • Server dapat melayani banyak tamu dengan adanya latihan minimal. 

Kekurangan : 

  • Tidak Formal dan Elegan 

2) French Service 

French Service

French service termasuk dalam tipe pelayanan yang sifatnya formal atau resmi. Pada mulanya pelayanan ini disuguhkan untuk tamu dari kalangan bangsawan. 

Sekarang ini banyak orang menginkan pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan tamu dengan menggunakan ”range oven atau rechaud oven”.

Setelah matang ditata atau disusun di atas oval platter dengan menggunakan guerdion dan dihias dengan hiasan yang baik kemudian satu persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu.

Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Bila tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai, kemudian dipotong oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring tamu, yang terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan mahal. 

Keuntungan : 

  • Sangat bergaya dan formal. 
  • Tamu dapat menikmati makanan yang disiapkan di meja samping. 

Kekurangan :

  • Membutuhkan staf yang sangat terampil. 
  • Mahal untuk kebutuhan tenaga kerja dan peralatan. 
  • Membutuhkan lorong lebar, yang berarti lebih sedikit tebal di ruang makan.

3) Russian Service 

Russian Service

Jenis layanan ini sering disebut sebagai layanan Prancis yang dimodifikasi karena memiliki banyak kesamaan dengan layanan Prancis. Layanan Rusia sangat formal, mewah, dan para tamu merasa mendapat perhatian luar biasa dari petugas. Perbedaan utama antara bahasa Rusia dan Prancis adalah: 

  • Russian service memerlukan seorang waiter, sedangkan French service memerlukan dua orang waiter.
  • Makanan yang disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur, sedangkan french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran. 

Keuntungan : 

  • Russian service hanya satu server diperlukan dan service ini sama elegannya dengan French Service.
  • Lebih cepat dan lebih murah. 
  • Tidak ada ruang ekstra diperlukan untuk peralatan khusus, seperti gueridon.
Kekurangan : 

  • Besar investasi adalah Chinaware perak dan jumlah piringpiring diperlukan. 
4) English Service 

English Service

Pelayanan ini digunakan oleh keluarga bangsawan di Inggris. Makanan ada di meja dan  nyonya rumah meletakkannya di piring dan menyajikannya untuk para tamu, dan nyonya rumah biasanya disebut nyonya rumah. Dengan demikian, layanan ini banyak digunakan di rumah-rumah. Contoh  paling umum adalah ketika seseorang berulang tahun, orang yang berulang tahun  memotong kue dan  memberikannya kepada tamu. Layanan ini sudah tidak  lagi digunakan dalam bisnis karena sangat merepotkan tuan rumah, namun masih digunakan untuk acara-acara tertentu saat Thanksgiving di Amerika Serikat. Pelayanan ini sudah tidak banyak lagi dipergunakan dalam bisnis karena sangat merepotkan tuan rumah, tetapi untuk acara tertentu masih digunakan pada acara Thanks Giving Day di Amerika Serikat. Untuk di Indonesia seluruh makanan di letakkan dihadapan tamu,  sehingga tamu dapat mengambil sendiri makanan yang diinginkannya.

 

Keuntungan : 

  • Layanan lebih cepat dan lebih mudah.
  • Setiap tamu diizinkan untuk memilih keinginan

Kekurangan : 

  • Tuan rumah mungkin diperlukan untuk melakukan banyak pekerjaan dengan beberapa makanan, dan hanya satu orang melayani hidangan, layanan bisa sangat memakan waktu. 
5) Self Service 

Self Service

Layanan mandiri atau layanan prasmanan adalah sistem layanan restoran di mana semua makanan lengkap (hidangan pembuka, sup, hidangan utama, hidangan penutup) diatur dengan benar dan diletakkan di atas meja saji atau meja prasmanan. Pelanggan bisa makan sesuai selera mereka. 

Keuntungan : 

  • Makanan itu dapat ditampilkan dengan cara yang sangat menarik. 
  • Server dapat hadir untuk banyak tamu pada satu waktu. 

Kekurangan : 

  • Tamu menerima kurang perhatian pribadi dibandingkan dengan table service. 

Ruang Lingkup Restaurant F&B Service Department 

  • Purchasing atau bagian pembeli yang bertugas untuk menangani,  mengadakan barang-barang di hotel.
  • Receiving atau bagian penerimaan barang adalah yang bertanggung jawab atas penerimaan barang-barang yang masuk harus diperiksa dengan teliti. 
  • Bagian warehouse atau pergudangan, setelah melakukan pengecekan barang pesanan harus segera dibawa ke gudang. Bagian barang ini harus membeli secara umum gudang-gudang dapat diklasifikasi kan menjadi 2 jenis, yaitu : 1). Gudang umum adalah menyimpan barang hotel yang diminta atau di pesan oleh masing-masing bagian secara perode. 2). Gudang untuk kebutuhan sehari-hari adalah gudang yang khusus untuk makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. 
  • Produksi bertanggung jawab atas pengolahan makanan atau bagian dapur yang bertugas menyiapkan dan mengolah makanan.
  • Restoran adalah salah satu outlet departemen makanan dan minuman hotel.

Hubungan F&B Service dengan Department lain 

Diantaranya : 

a. Front Office Departement 

Kerja sama ini sangat diperlukan terutama dalam pembemberian keterangan tentang tamu-tamu hotel misalnya: jumlah tamu, kamarkamar yang terpakai, tamu yang masuk&keluar,disamping itu juga memberikan pesanan khusus seperti, tamu-tamu penting, (tamu VIP) memberi tamu tertentu sesuatu dari hotel (kecuali). 

b. Housekeeping Departement 

Disini lebih banyak menyangkut soal keberhasilan & pengadaan peralatan pada umum nya, housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant, (bar termasuk juga dalam penyedian pakaian dinas pegawai, linen, taplak meja, lap dan bunga). 

c. Accounting Departement 

Kerja sama ini sangat sekali dalam menangani & membuat laporan tentang hasil penjualan makanan & minuman di restaurant & bar. Dalam hal pengawasan bahan makanan & minuman yang di produksi, memerlukan kerja sama yang teratur & baik disamping itu kerja sama & saling pengertian ini juga di perlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan & minuman kepada para penjual dan juga dalam ketepatan pembayan gaji. 

d. Engineering Departement  

Demi kelancaran jalannya operasi perbaikan atas perabot (furniture) restaurant & bar adalah sangat perlu disamping itu pengadaan & pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik di restaurant, bar dan dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroperasi semestinya.

Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian