Pengertian Food And Beverage Department, American service, French Service, Russian Service, English Service
Pengertian Food And Beverage Department
Food and Beverage Department adalah bagian dari hotel yang mengelola dan bertanggung jawab atas kebutuhan makanan dan minuman serta kebutuhan terkait lainnya dari pelanggan yang bertempat tinggal maupun tidak bertempat tinggal di hotel tersebut, yang dikelola secara bisnis dan profesional. Departemen makanan dan minuman merupakan departemen yang sangat diperlukan dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman di hotel, yang terbagi menjadi dua bagian yang saling bergantung yang harus bekerja sama. 2 (dua) bagian yaitu:
a. F&B PRODUCT
FandB Product adalah kantor yang bertanggung jawab atas pengelolaan makanan. Produk FandB tidak berhubungan langsung dengan tamu, karena harus melalui perantara yang terdiri dari dapur, housekeeper.
b. F&B SERVICE
F&B Service adalah salah satu outlet yang menyajikan makanan dan minuman pada tamu yang dibuat oleh F&B product. F&B Service yang langsung berhubungan dengan tamu terdiri dari bar, restaurant, banquet dan room service.
Restaurant
Restoran adalah bagian dari departemen makanan dan minuman, yang misinya adalah menyediakan layanan makanan dan minuman komersial di hotel.
Bar
Bar merupakan bagian dari food and beverage department yang bertugas menyiapkan minuman.
Banquet
Banquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event dari yang kecil sampai besar yang di selenggarakan di dalam hotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di ball room, garden hall.
Room Service
Merupakan bagian dari food and beverage service, bertanggung jawab untuk menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan yang ingin memesan makanan dan minuman ke dalam kamar hotel. Layanan kamar buka 24 jam menggunakan layanan troli atau baki.
Tujuan Food And Beverage Department
Tujuan departemen food and beverage :
1. Jual makanan dan minuman sebanyak mungkin dengan harga yang pas.
2. Memberikan pelayanan pelanggan yang sebaik mungkin agar tamu merasa puas. Ini menyangkut kualitas pelayanan, kualitas makanan dan minuman, sikap staf, interior dan suasana sekitar, peralatan yang digunakan dan sanitasi.
3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.
Fungsi F&B Department
Bagian Food dan Berage Department merupakan komponen yang sangat penting dari hotel karena merupakan sumber pendapatan kedua setelah penyewaan kamar.
Adapun fungsi dari F&B department yaitu:
- Memenuhi selera (memberi kepuasan) bagi tamu.
- Memelihara dan meningkatkan nama baik hotel.
- Membuat keuntungan yang wajar.
Pengertian Food and Beverage Service
Layanan FandB menyediakan makanan dan minuman bagi orang-orang untuk berbagai kebutuhan mereka. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan yang dapat dicoba dipenuhi oleh pelanggan adalah:
1. Fisiologis: kebutuhan diet khusus
2. Ekonomis: kebutuhan untuk mendapatkan nilai terbaik dari harga yang dibayarkan.
3. Sosial : Suasana bersahabat, ekspresi perasaan terbuka.
4. Psikologis: kebutuhan untuk meningkatkan harga diri.
5. Kenyamanan: Kesediaan untuk membuat orang lain melakukan pekerjaan.
Kebutuhan tersebut sangat penting dalam menentukan faktor-faktor yang bertanggung jawab dalam menentukan berbagai metode pelayanan dalam industri jasa makanan dan minuman. Apa layanan yang di maksudkan ?
S = Smile to everyone (tersenyumlah untuk semua orang)
E = Excellent in everything we do (kerjakan segala sesuatunya semaksimal mungkin dan memuaskan)
R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan mendekati tamu dengan sopan santun serta ramah-tamah)
V = Viewing every guest as special (memandang dengan perasaan yang sangat penuh perhatian)
I = Invitting guest to return (melakukan segala sesuatu yang terkesan terhadap tamu sehingga akan membuat tamu tersebut datang kembali).
C = Creating a warm atmosphere (selalu membuat suasana yang akrab/hangat dengan tamu)
E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu)
Jenis – jenis F&B Service
Table Service
Suatu sistem pelayanan dimana tamu duduk di kursi menghadap meja makan. Kemudian makanan dan minuman diantarkan dan disajikan.
Table service ini umumnya dibedakan menjadi 4 kategori yaitu :
1) American service
American service merupakan pelayanan sederhana, tidak resmi, dan cepat. Salah satu bentuk pelayanan ini yaitu makanan sudah diporsikan atau disiapkan diatas piring. Makanan disajikan ke piring tamu yang di bawa dari dapur. Layanan jenis pada umumnya di pakai pada warung kopi yang mana layanan dituntut untuk cepat. American service adalah salah satu pelayanan yang sering digunakan dihotel pada saat ini.
Aturan Dasar American Service :
- Semua jenis makanan yang disajikan kepada tamu dari sebelah kiri dan menggunakan tangan kiri.
- Semua jenis minuman yang disajikan kepada tamu dari sebelah kanan dan menggunakan tangan kanan
- Semua jenis minuman yang disajikan kepada tamu dari sebelah kanan dan menggunakan tangan kanan.
Keuntungan :
- Layanan efisien & cepat
- Server dapat melayani banyak tamu dengan adanya latihan minimal.
Kekurangan :
- Tidak Formal dan Elegan
2) French Service
French service termasuk dalam tipe pelayanan yang sifatnya formal atau resmi. Pada mulanya pelayanan ini disuguhkan untuk tamu dari kalangan bangsawan.
Sekarang ini banyak orang menginkan pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan tamu dengan menggunakan ”range oven atau rechaud oven”.
Setelah matang ditata atau disusun di atas oval platter dengan menggunakan guerdion dan dihias dengan hiasan yang baik kemudian satu persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu.
Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Bila tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai, kemudian dipotong oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring tamu, yang terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan mahal.
Keuntungan :
- Sangat bergaya dan formal.
- Tamu dapat menikmati makanan yang disiapkan di meja samping.
Kekurangan :
- Membutuhkan staf yang sangat terampil.
- Mahal untuk kebutuhan tenaga kerja dan peralatan.
- Membutuhkan lorong lebar, yang berarti lebih sedikit tebal di ruang makan.
3) Russian Service
Jenis layanan ini sering disebut sebagai layanan Prancis yang dimodifikasi karena memiliki banyak kesamaan dengan layanan Prancis. Layanan Rusia sangat formal, mewah, dan para tamu merasa mendapat perhatian luar biasa dari petugas. Perbedaan utama antara bahasa Rusia dan Prancis adalah:
- Russian service memerlukan seorang waiter, sedangkan French service memerlukan dua orang waiter.
- Makanan yang disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur, sedangkan french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran.
Keuntungan :
- Russian service hanya satu server diperlukan dan service ini sama elegannya dengan French Service.
- Lebih cepat dan lebih murah.
- Tidak ada ruang ekstra diperlukan untuk peralatan khusus, seperti gueridon.
- Besar investasi adalah Chinaware perak dan jumlah piringpiring diperlukan.
Pelayanan ini digunakan oleh keluarga bangsawan di Inggris. Makanan ada di meja dan nyonya rumah meletakkannya di piring dan menyajikannya untuk para tamu, dan nyonya rumah biasanya disebut nyonya rumah. Dengan demikian, layanan ini banyak digunakan di rumah-rumah. Contoh paling umum adalah ketika seseorang berulang tahun, orang yang berulang tahun memotong kue dan memberikannya kepada tamu. Layanan ini sudah tidak lagi digunakan dalam bisnis karena sangat merepotkan tuan rumah, namun masih digunakan untuk acara-acara tertentu saat Thanksgiving di Amerika Serikat. Pelayanan ini sudah tidak banyak lagi dipergunakan dalam bisnis karena sangat merepotkan tuan rumah, tetapi untuk acara tertentu masih digunakan pada acara Thanks Giving Day di Amerika Serikat. Untuk di Indonesia seluruh makanan di letakkan dihadapan tamu, sehingga tamu dapat mengambil sendiri makanan yang diinginkannya.
Keuntungan :
- Layanan lebih cepat dan lebih mudah.
- Setiap tamu diizinkan untuk memilih keinginan
Kekurangan :
- Tuan rumah mungkin diperlukan untuk melakukan banyak pekerjaan dengan beberapa makanan, dan hanya satu orang melayani hidangan, layanan bisa sangat memakan waktu.
Layanan mandiri atau layanan prasmanan adalah sistem layanan restoran di mana semua makanan lengkap (hidangan pembuka, sup, hidangan utama, hidangan penutup) diatur dengan benar dan diletakkan di atas meja saji atau meja prasmanan. Pelanggan bisa makan sesuai selera mereka.
Keuntungan :
- Makanan itu dapat ditampilkan dengan cara yang sangat menarik.
- Server dapat hadir untuk banyak tamu pada satu waktu.
Kekurangan :
- Tamu menerima kurang perhatian pribadi dibandingkan dengan table service.
Ruang Lingkup Restaurant F&B Service Department
- Purchasing atau bagian pembeli yang bertugas untuk menangani, mengadakan barang-barang di hotel.
- Receiving atau bagian penerimaan barang adalah yang bertanggung jawab atas penerimaan barang-barang yang masuk harus diperiksa dengan teliti.
- Bagian warehouse atau pergudangan, setelah melakukan pengecekan barang pesanan harus segera dibawa ke gudang. Bagian barang ini harus membeli secara umum gudang-gudang dapat diklasifikasi kan menjadi 2 jenis, yaitu : 1). Gudang umum adalah menyimpan barang hotel yang diminta atau di pesan oleh masing-masing bagian secara perode. 2). Gudang untuk kebutuhan sehari-hari adalah gudang yang khusus untuk makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari.
- Produksi bertanggung jawab atas pengolahan makanan atau bagian dapur yang bertugas menyiapkan dan mengolah makanan.
- Restoran adalah salah satu outlet departemen makanan dan minuman hotel.
Hubungan F&B Service dengan Department lain
Kerja sama ini sangat diperlukan terutama dalam pembemberian keterangan tentang tamu-tamu hotel misalnya: jumlah tamu, kamarkamar yang terpakai, tamu yang masuk&keluar,disamping itu juga memberikan pesanan khusus seperti, tamu-tamu penting, (tamu VIP) memberi tamu tertentu sesuatu dari hotel (kecuali).
b. Housekeeping Departement
Disini lebih banyak menyangkut soal keberhasilan & pengadaan peralatan pada umum nya, housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant, (bar termasuk juga dalam penyedian pakaian dinas pegawai, linen, taplak meja, lap dan bunga).
c. Accounting Departement
Kerja sama ini sangat sekali dalam menangani & membuat laporan tentang hasil penjualan makanan & minuman di restaurant & bar. Dalam hal pengawasan bahan makanan & minuman yang di produksi, memerlukan kerja sama yang teratur & baik disamping itu kerja sama & saling pengertian ini juga di perlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan & minuman kepada para penjual dan juga dalam ketepatan pembayan gaji.
d. Engineering Departement
Demi kelancaran jalannya operasi perbaikan atas perabot (furniture) restaurant & bar adalah sangat perlu disamping itu pengadaan & pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik di restaurant, bar dan dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroperasi semestinya.