Laporan PKL, Jurusan Perhotelan, Praktik Kerja Lapangan, The Media Hotel, Etos Kerja The Media Hotel
PENDAHULUAN
Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat. Di SMK terdapat banyak sekali program keahlian. Contohnya seperti program keahlian Jasa boga, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, Tata Busana, Teknik, IT, Akuntansi dan masih banyak lagi.
Disalah satu semester dalam periode sekolah akan diselenggarakan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang kurang lebih berjangka waktu 3-6 bulan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan untuk memperkenalkan siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan dengan dunia industri, khususnya industri pariwisata. Hal ini dilakukan dengan harapan nantinya siswa-siswi telah terbiasa dengan suasana dan kondisi dalam bekerja.
Dan dapat mengetahui seperti apa kualitas kerja yang baik, cara membangun suasana di lingkungan sekitar, cara bersosialisasi dalam bekerja antara sesama training ataupun pekerja tetap dan juga tentunya mengetahui cara membagi waktu dan efisiensi dalam bekerja.
Program Praktik Kerja Lapangan harus dilaksanakan oleh siswa SMKN 33 PARIWISATA JAKARTA sebagai syarat untuk mendapatkan Sertifikat dan Kelulusan sekolah.
Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, siswa mampu menguasai dan mempraktikan ilmu yang telah di kuasai selama berada di Sekolah. Oleh karena itu siswa diwajibkan mengikuti dan melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan pada perusahaan yang memiliki keterkaitan dan hubungannya dengan ilmu yang telah didapatkan dan diperoleh.
Praktik Kerja Lapangan sebagai simulasi bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja sehingga tidak mengalami keterkejutan atau hambatan ketika hendak memasuki dunia kerja.
Tujuan Praktik Kerja Lapangan Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan adalah:
- Menyelesaikan Program Praktik Kerja Lapangan yang merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan Sekolah.
- Sebagai upaya mendukung program pengembangan SMK berstandar Nasional dan Internasional.
- Memperluas jaringan kerja yang saling menguntungkan antara pendidikan kejuruan dengan instansi/perusahaan.
- Sebagai sarana untuk mempraktikan ilmu yang di peroleh selama di sekolah.
- Mengetahui bagaimana bekerja secara efektif dalam Lingkungan Kerja.
- Memberi kesempatan bagi siswa untuk berorganisasi dan membangun kerjasama yang baik antara staff dan perusahaan terkait serta teman sesama Praktik Kerja Lapangan.
- Memberikan Pengalaman dan Pengetahuan terhadap Penerapan dan teori - teori yang diberikan ini serta di pelajari dalam Praktik Kerja Lapangan.
- Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga mampu dan dapat bekerja dengan baik.
- Melahirkan dan Mengembangkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental dan etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan terhitung mulai dari tanggal 2 Januari 2018 s/d 7 Juli 2018, dengan jam kerja pukul 06.00 – 16.00 WIB yang bertempat di :
Nama Hotel : The Media Hotel & Towers
Alamat : Jl. Gunung Sahari Raya No.3,RT 16/RW 3, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.
Prosedur Pelaksanaan Praktik Lapangan Kerja
Siswa yang akan melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan, terlebih dahulu harus melakukan survey tempat pada suatu perusahaan yang ingin dipilih sebagai tempat training. Setelah melakukan survey pada perusahaan tersebut, maka siswa meminta pihak sekolah untuk membuat surat pengantar pengajuan praktik kerja lapangan, yang nantinya akan dilampirkan Curriculum Vitae, Surat Medical Chek Up dan Pas foto. Setelah kelengkapan surat sudah dilaksanakan, siswa segera mengantarkan ke perusahaan yang dituju. Kemudian siswa akan melakukan verfikasi berkas dan interview, sehingga dapat diberikan kepastian atau kesediaan untuk melakukan praktik kerja lapangan.
Tujuan Penulisan Laporan Adapun tujuan dari penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan antara lain :
- Sebagai salah satu syarat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan.
- Untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan di harapkan dapat berguna bagi pembaca.
- Agar siswa dapat mengevaluasi dan mengembangkan pelajaran yang telah di dapat dalam praktik kerja lapangan.
- Melatih sikap profesional dalam bekerja.
- Melatih serta meningkatkan siswa-siswi dalam membuat karya tulis ilmiah.
- Salah satu syarat mengikuti Ujian Kompetensi.
- Sebagai bukti tertulis bahwa siswa-siswi telah melaksanakan praktik kerja industri.
TINJAUAN UMUM
Sejarah Tentang The Media Hotel & Towers
Hotel Sheraton adalah suatu produk hotel yang berada di bawah naungan perusahaan perhotelan Starwood Hotels Resort dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 1973. Sheraton Media Hotel & Towers berdiri pada tahun 1997 dibawah manajamen PT. GRAHARI SURYA JAYA.
Sheraton Media Hotel & Towers telah mampu membuktikan eksistensinya dalam bidang Perhotelan di Indonesia. Tentu saja dalam pencapaian waktu tersebut dalam pelaksanaannya tidaklah mudah, berbagai tantangan dan hambatan yang berasal dari situasi bisnis dan ekonomi Indonesia harus dihadapi dengan kerja keras dan profesionalisme yang tinggi dari setiap unsur yang berada dalam perusahaan.
Pada tahun 2012 Sheraton Media Hotel and Towers melakukan Rebranding, kini berganti nama menjadi The Media Hotel and Tower. Dalam jumpa pers di Penthouse Lt 19 The Media Hotel and Towers, pihak manajemen beralasan pergantian nama ini dikarenakan kontrak dengan Sheraton telah berakhir. Meski demikian tidak ada perubahan fisik hotel.
Visi, Misi, Nilai Inti dan Etos Kerja The Media Hotel & Towers
Visi
Hotel pilihan yang terbaik yang memberikan pelayanan dari hati. A prefend hotel with service from the heart.
Misi
Mendapatkan kesetiaan stakeholder dengan membuat setiap interaksi bernilai. To earn stakeholders loyalty by creating velue in every touch-point.
Nilai Inti Welcoming
- Menyambut dengan tangan terbuka / Welcoming cordially
- Menyapa dengan penuh kehangatan / Greeting warmly
- Mendengarkan dengan sepenuh hati / Listening attentively
- Memahami keinginan setiap individu / Understanding needs
- Melibatkan dalam setiap interaksi / Engaging individual
- Melebihi harapan yang diinginkan / Exceeding expectation
- Membuat setiap interaksi bernilai / Creating values
- Memberikan kesan tak terlupakan / Giving memories
- Mengundang untuk datang kembali / inviting to return
- Lakukan dengan benar / Do right
- Lakukan lebih / Do more
- Lakukan bersama-sama / Do together
- Lunch ( Selasa – Sabtu ) : 11.30 – 14.30
- Dinner ( Selasa – Sabtu ) : 18.00 – 22.30
- Breakfast : 06.00 – 10.00
- Lunch : 11.30 – 02.30
- Dinner : 18.00 – 22.30
Jenis dan Fasilitas Kamar The Media Hotel & Towers
- Writing desk
- In room safety deposit box
- Hairdryer
- Flight information detail
- 30 TV Channel
- Tea and coffee making facilities
- Minibar and refrigerator
- 24 hours room service