Laporan PKL, Jurusan Perhotelan, Praktik Kerja Lapangan, The Media Hotel, Etos Kerja The Media Hotel

PENDAHULUAN

Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat. Di SMK terdapat banyak sekali program keahlian. Contohnya seperti program keahlian Jasa boga, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, Tata Busana, Teknik, IT, Akuntansi dan masih banyak lagi. 

Disalah satu semester dalam periode sekolah akan diselenggarakan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang kurang lebih berjangka waktu 3-6 bulan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan untuk memperkenalkan siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan dengan dunia industri, khususnya industri pariwisata. Hal ini dilakukan dengan harapan nantinya siswa-siswi telah terbiasa dengan suasana dan kondisi dalam bekerja. 

Dan dapat mengetahui seperti apa kualitas kerja yang baik, cara membangun suasana di lingkungan sekitar, cara bersosialisasi dalam bekerja antara sesama training ataupun pekerja tetap dan juga tentunya mengetahui cara membagi waktu dan efisiensi dalam bekerja.  

Program Praktik Kerja Lapangan harus dilaksanakan oleh  siswa SMKN 33 PARIWISATA JAKARTA sebagai syarat untuk mendapatkan Sertifikat dan Kelulusan sekolah. 

Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, siswa mampu menguasai dan mempraktikan ilmu yang telah di kuasai selama berada di Sekolah. Oleh karena itu siswa diwajibkan mengikuti dan melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan pada perusahaan yang memiliki keterkaitan dan hubungannya dengan ilmu yang telah didapatkan dan diperoleh. 

Praktik Kerja Lapangan sebagai simulasi bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja sehingga tidak mengalami keterkejutan atau hambatan ketika hendak memasuki dunia kerja. 

Tujuan Praktik Kerja Lapangan Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan adalah:    

  1. Menyelesaikan Program Praktik Kerja Lapangan yang merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan Sekolah. 
  2. Sebagai upaya mendukung program pengembangan SMK berstandar Nasional dan Internasional.
  3. Memperluas jaringan kerja yang saling menguntungkan antara pendidikan kejuruan dengan instansi/perusahaan. 
  4. Sebagai sarana untuk mempraktikan ilmu yang di peroleh selama di sekolah. 
  5. Mengetahui bagaimana bekerja secara efektif dalam Lingkungan Kerja.
  6. Memberi kesempatan bagi siswa untuk berorganisasi dan membangun kerjasama yang baik antara staff dan perusahaan terkait serta teman sesama Praktik Kerja Lapangan.
  7. Memberikan Pengalaman dan Pengetahuan terhadap Penerapan dan teori - teori yang diberikan ini serta di pelajari dalam Praktik Kerja Lapangan.
  8. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga mampu dan dapat bekerja dengan baik.
  9. Melahirkan dan Mengembangkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental dan etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.                                                       

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan 

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan terhitung mulai dari tanggal 2 Januari 2018 s/d 7 Juli 2018, dengan jam kerja pukul 06.00 – 16.00 WIB yang bertempat di : 

Nama Hotel  : The Media Hotel & Towers  

Alamat  :  Jl. Gunung Sahari Raya No.3,RT 16/RW 3, Sawah  Besar, Kota Jakarta Pusat. 

Prosedur Pelaksanaan Praktik Lapangan Kerja  

Siswa yang akan melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan, terlebih dahulu harus melakukan survey tempat pada suatu perusahaan yang ingin dipilih sebagai tempat training. Setelah melakukan survey pada perusahaan tersebut, maka siswa meminta pihak sekolah untuk membuat surat pengantar pengajuan praktik kerja lapangan, yang nantinya akan dilampirkan Curriculum Vitae, Surat Medical Chek Up dan Pas foto. Setelah kelengkapan surat sudah dilaksanakan, siswa segera mengantarkan ke perusahaan yang dituju. Kemudian siswa akan melakukan verfikasi berkas dan interview, sehingga dapat diberikan kepastian atau kesediaan untuk melakukan praktik kerja lapangan.

Tujuan Penulisan Laporan  Adapun tujuan dari penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan antara lain :

  • Sebagai salah satu syarat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. 
  • Untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan di harapkan dapat berguna bagi pembaca.
  • Agar siswa dapat mengevaluasi dan mengembangkan pelajaran yang telah di dapat dalam praktik kerja lapangan.  
  • Melatih sikap profesional dalam bekerja.
  • Melatih serta meningkatkan siswa-siswi dalam membuat karya tulis ilmiah.
  • Salah satu syarat mengikuti Ujian Kompetensi.
  • Sebagai bukti tertulis bahwa siswa-siswi telah melaksanakan praktik kerja industri. 

TINJAUAN UMUM 

Sejarah Tentang The Media Hotel & Towers 

Hotel Sheraton  adalah suatu produk hotel yang berada di bawah naungan perusahaan perhotelan  Starwood Hotels  Resort  dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 1973. Sheraton Media Hotel & Towers berdiri pada tahun 1997 dibawah manajamen PT. GRAHARI SURYA JAYA. 

Sheraton Media Hotel & Towers telah mampu membuktikan eksistensinya dalam bidang Perhotelan di Indonesia. Tentu saja dalam pencapaian waktu tersebut dalam pelaksanaannya tidaklah mudah, berbagai tantangan dan hambatan yang berasal dari situasi bisnis dan ekonomi Indonesia harus dihadapi dengan kerja keras dan profesionalisme yang tinggi dari setiap unsur yang berada dalam perusahaan.  

Pada tahun 2012 Sheraton Media Hotel and Towers melakukan Rebranding, kini berganti nama menjadi The Media Hotel and Tower. Dalam jumpa pers di Penthouse Lt 19 The Media Hotel and Towers, pihak manajemen beralasan pergantian nama ini dikarenakan kontrak dengan Sheraton telah berakhir. Meski demikian tidak ada perubahan fisik hotel.

Visi, Misi, Nilai Inti dan Etos Kerja The Media Hotel & Towers  

Visi 

Hotel pilihan yang terbaik yang memberikan pelayanan dari hati. A prefend hotel with service from the heart. 

Misi 

Mendapatkan kesetiaan stakeholder dengan membuat setiap interaksi bernilai. To earn stakeholders loyalty by creating velue in every touch-point.  

Nilai Inti Welcoming 

  • Menyambut dengan tangan terbuka / Welcoming cordially 
  • Menyapa dengan penuh kehangatan / Greeting warmly 
  • Mendengarkan dengan sepenuh hati / Listening attentively 
Personalized 
  • Memahami keinginan setiap individu / Understanding needs 
  • Melibatkan dalam setiap interaksi / Engaging individual 
  • Melebihi harapan yang diinginkan / Exceeding expectation 
Memorable 
  • Membuat setiap interaksi bernilai / Creating values 
  • Memberikan kesan tak terlupakan / Giving memories 
  • Mengundang untuk datang kembali / inviting to return
Etos Kerja 

  • Lakukan dengan benar / Do right 
  • Lakukan lebih / Do more
  • Lakukan bersama-sama / Do together    

THE DELI CAKE SHOP 

THE DELI CAKE SHOP


Lokasi : Lower Lobby  Waktu Operasional : 24 jam Outlet ini menyediakan kue  –  kue, roti dan aneka hidangan penutup termasuk ice cream serta jajanan Indonesia,yang semuanya di produksi oleh pastry kitchen hotel. Promosi khusus pukul 18.00,pembelian seluruh produk yang dibuat di kitchen discount 20 %. 

MEDIA LOUNGE 
MEDIA LOUNGE


Lokasi : Lantai 3 
Waktu Operasional : 17.00 – 03.00 
Outlet ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk santai sambil menonton pertunjukkan olah raga layar  lebar.  Selain  menawarkan  berbagai  jenis  minuman  dan  cocktail  kelas  dunia,  outlet  ini  juga menyediakan  berbagai  aneka  permainan  olah  raga  seperti  Dart  Corner,  Snooker,  Chess,  Halma,  dan sebagainya. 

YACHT CLUB 
YACHT CLUB


Lokasi : Lantai 3 
Waktu Operasional : 14.00 – 02.00 
Outlet ini merupakan tempat hiburan malam hari yang paling lengkap. Memiliki ruang karaoke sekitar 11 kamar dan hall yang dilengkapi  dengan dance floor dengan live music, karaoke dan aneka pilihan minuman dan makanan. 


OASIS LOUNGE 
OASIS LOUNGE


Lokasi : Lantai 4 
Waktu Operasional : 24 Jam 
Merupakan  tempat  yang  sangat  elegant  untuk  mengadakan pertemuan  dengan  rekan  bisnis  atau sekedar minum, menikmati snack yang dihidangkan sambil mendengarkan live music yang lembut 


SUKHOTHAI RESTAURANT 
SUKHOTHAI RESTAURANT

Lokasi : Lantai 6 
Waktu Operasional : 
  • Lunch ( Selasa – Sabtu )  : 11.30 – 14.30 
  • Dinner ( Selasa – Sabtu )  : 18.00 – 22.30 
Restaurant Fine Dinning bernuansa Thailand dengan menawarkan hidangan dari dapur asli Thailand. 


BREEZE CAFÉ 
BREEZE CAFÉ


Lokasi : Lantai 6 
Waktu Operasional :  
  • Breakfast  : 06.00 – 10.00  
  • Lunch : 11.30 – 02.30  
  • Dinner : 18.00 – 22.30  
Outlet ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk santai atau menikmati makan malam di tepi kolam renang. Menawarkan hidangan Asia dan Western. 

Breeze café dibagi menjadi 3 bagian,yaitu : 
1. Poolside 
2. Upper 
3. Lower

RECREATIONAL FACILITIES 
1.  ACROPOLIS SPA AND FITNESS CENTRE 
2.  MASSAGE SERVICE 
3.  SWIMMING POOL

FASILITAS LAINNYA 
1.  The Exchange 
2.  Laundry and Dry Cleaning Service 
3.  Limousine Service 
4.  Car park 
5.  House Clinic

Jenis dan Fasilitas Kamar The Media Hotel & Towers  

ACCOMODATION Jumlah total kamar yang dimiliki adalah 324 kamar. Kamar tersebut terbagi lagi menjadi : 

●  140 Classic rooms  
●  142 Premium Classic 
●  27 Tower 
●  10 Club Suites 
●  2 Executive Suite 
●  2 Presidential Suites  
●  1 Penthouse 

IN ROOM FACILITIES 
Setiap kamar yang telah disebutkan sebelumnya dilengkapi dengan kelengkapan kamar sebagai berikut : 
  • Writing desk 
  • In room safety deposit box 
  • Hairdryer 
  • Flight information detail 
  • 30 TV Channel 
  • Tea and coffee making facilities 
  • Minibar and refrigerator 
  • 24 hours room service
Berikut Jenis Kamar The Media Hotel & Towers : 
CLASSIC ROOM

CLASSIC ROOM
IDR 450,000/ Night 
1 double bed, desk with free internet connection (LAN), Bathroom with shower and Bath, non smoking.

PREMIUM


PREMIUM
IDR 550,000/Night 
1 double bed, desk with free internet connection (LAN), Bathroom with shower and Bath, non smoking.

TOWER ROOM


TOWER ROOM
IDR 1,500,000/Night 
Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 2 (two) single bed or 1 double bed 
CLUB SUITE


CLUB SUITE 
IDR 3,000,000/Night

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, dining table, living room.

EXECUTIVE SUITE

EXECUTIVE SUITE
IDR 7,690,000/Night

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, 1 Bathroom with shower and Bath and 1 small bathroom, dining table, living room, non smoking.
PRESIDENTIAL SUITE


PRESIDENTIAL SUITE
IDR 13,690,000/Night 

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, 1 Bathroom with shower and Bath and 1 small bathroom, dining table, living room, non smoking.
PENTHOUSE


PENTHOUSE
IDR 67,180,000/Night 
 
Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 master bed, 2 bedrooms, 1 Bathroom with shower and Bath, dining room, living room,private pool, non smoking.

Struktur Organisasi The Media Hotel & Towers 

Struktur Organisasi The Media Hotel & Towers


Departement The Media Hotel & Towers 


1. Front Office Department 
Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in. Adapun seksi-seksi di Front Office Departement sebagai berikut : 
a. Reservation 
b. Reception 
c. Telephone Operator 
d. Front Office Cashier 
e. Uniform Service/Concierge 
f. Information section 
g. Guest Relation Officer 
 
2. Food and Beverage Department 
Food and Beverage department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain : 
a. Food & Beverage Production 
Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi  bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya. 

b. Food & Beverage Service 
Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu.  

3. Housekeeping Department 

Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel. Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :

a. Floor Section
b. Public Area Section
c. Linen/uniform Section
d. Laundry section 
e. Gardener section
f. Florist section 
g. Recreation / swimming pool section 

4. Accounting Departement 
Accounting departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel. 

5. Personalia/HRD Department 
Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi karyawan. 

6. Engineering Department 
Engineering Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami kerusakan.

7. Marketing department 
Marketting departement adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel. 

8. Purchasing department 
Purchasing departemen adalah suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel. 

9. Security Department 
Security Department adalah suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam)