Laporan PKL, Jurusan Perhotelan, Praktik Kerja Lapangan, The Media Hotel, Etos Kerja The Media Hotel

PENDAHULUAN

Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat. Di SMK terdapat banyak sekali program keahlian. Contohnya seperti program keahlian Jasa boga, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, Tata Busana, Teknik, IT, Akuntansi dan masih banyak lagi. 

Disalah satu semester dalam periode sekolah akan diselenggarakan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang kurang lebih berjangka waktu 3-6 bulan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan untuk memperkenalkan siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan dengan dunia industri, khususnya industri pariwisata. Hal ini dilakukan dengan harapan nantinya siswa-siswi telah terbiasa dengan suasana dan kondisi dalam bekerja. 

Dan dapat mengetahui seperti apa kualitas kerja yang baik, cara membangun suasana di lingkungan sekitar, cara bersosialisasi dalam bekerja antara sesama training ataupun pekerja tetap dan juga tentunya mengetahui cara membagi waktu dan efisiensi dalam bekerja.  

Program Praktik Kerja Lapangan harus dilaksanakan oleh  siswa SMKN 33 PARIWISATA JAKARTA sebagai syarat untuk mendapatkan Sertifikat dan Kelulusan sekolah. 

Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan, siswa mampu menguasai dan mempraktikan ilmu yang telah di kuasai selama berada di Sekolah. Oleh karena itu siswa diwajibkan mengikuti dan melaksanakan Program Praktik Kerja Lapangan pada perusahaan yang memiliki keterkaitan dan hubungannya dengan ilmu yang telah didapatkan dan diperoleh. 

Praktik Kerja Lapangan sebagai simulasi bagi siswa sebelum memasuki dunia kerja sehingga tidak mengalami keterkejutan atau hambatan ketika hendak memasuki dunia kerja. 

Tujuan Praktik Kerja Lapangan Adapun tujuan dari pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan adalah:    

  1. Menyelesaikan Program Praktik Kerja Lapangan yang merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan Sekolah. 
  2. Sebagai upaya mendukung program pengembangan SMK berstandar Nasional dan Internasional.
  3. Memperluas jaringan kerja yang saling menguntungkan antara pendidikan kejuruan dengan instansi/perusahaan. 
  4. Sebagai sarana untuk mempraktikan ilmu yang di peroleh selama di sekolah. 
  5. Mengetahui bagaimana bekerja secara efektif dalam Lingkungan Kerja.
  6. Memberi kesempatan bagi siswa untuk berorganisasi dan membangun kerjasama yang baik antara staff dan perusahaan terkait serta teman sesama Praktik Kerja Lapangan.
  7. Memberikan Pengalaman dan Pengetahuan terhadap Penerapan dan teori - teori yang diberikan ini serta di pelajari dalam Praktik Kerja Lapangan.
  8. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga mampu dan dapat bekerja dengan baik.
  9. Melahirkan dan Mengembangkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental dan etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.                                                       

Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan 

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan terhitung mulai dari tanggal 2 Januari 2018 s/d 7 Juli 2018, dengan jam kerja pukul 06.00 – 16.00 WIB yang bertempat di : 

Nama Hotel  : The Media Hotel & Towers  

Alamat  :  Jl. Gunung Sahari Raya No.3,RT 16/RW 3, Sawah  Besar, Kota Jakarta Pusat. 

Prosedur Pelaksanaan Praktik Lapangan Kerja  

Siswa yang akan melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan, terlebih dahulu harus melakukan survey tempat pada suatu perusahaan yang ingin dipilih sebagai tempat training. Setelah melakukan survey pada perusahaan tersebut, maka siswa meminta pihak sekolah untuk membuat surat pengantar pengajuan praktik kerja lapangan, yang nantinya akan dilampirkan Curriculum Vitae, Surat Medical Chek Up dan Pas foto. Setelah kelengkapan surat sudah dilaksanakan, siswa segera mengantarkan ke perusahaan yang dituju. Kemudian siswa akan melakukan verfikasi berkas dan interview, sehingga dapat diberikan kepastian atau kesediaan untuk melakukan praktik kerja lapangan.

Tujuan Penulisan Laporan  Adapun tujuan dari penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan antara lain :

  • Sebagai salah satu syarat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. 
  • Untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan di harapkan dapat berguna bagi pembaca.
  • Agar siswa dapat mengevaluasi dan mengembangkan pelajaran yang telah di dapat dalam praktik kerja lapangan.  
  • Melatih sikap profesional dalam bekerja.
  • Melatih serta meningkatkan siswa-siswi dalam membuat karya tulis ilmiah.
  • Salah satu syarat mengikuti Ujian Kompetensi.
  • Sebagai bukti tertulis bahwa siswa-siswi telah melaksanakan praktik kerja industri. 

TINJAUAN UMUM 

Sejarah Tentang The Media Hotel & Towers 

Hotel Sheraton  adalah suatu produk hotel yang berada di bawah naungan perusahaan perhotelan  Starwood Hotels  Resort  dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 1973. Sheraton Media Hotel & Towers berdiri pada tahun 1997 dibawah manajamen PT. GRAHARI SURYA JAYA. 

Sheraton Media Hotel & Towers telah mampu membuktikan eksistensinya dalam bidang Perhotelan di Indonesia. Tentu saja dalam pencapaian waktu tersebut dalam pelaksanaannya tidaklah mudah, berbagai tantangan dan hambatan yang berasal dari situasi bisnis dan ekonomi Indonesia harus dihadapi dengan kerja keras dan profesionalisme yang tinggi dari setiap unsur yang berada dalam perusahaan.  

Pada tahun 2012 Sheraton Media Hotel and Towers melakukan Rebranding, kini berganti nama menjadi The Media Hotel and Tower. Dalam jumpa pers di Penthouse Lt 19 The Media Hotel and Towers, pihak manajemen beralasan pergantian nama ini dikarenakan kontrak dengan Sheraton telah berakhir. Meski demikian tidak ada perubahan fisik hotel.

Visi, Misi, Nilai Inti dan Etos Kerja The Media Hotel & Towers  

Visi 

Hotel pilihan yang terbaik yang memberikan pelayanan dari hati. A prefend hotel with service from the heart. 

Misi 

Mendapatkan kesetiaan stakeholder dengan membuat setiap interaksi bernilai. To earn stakeholders loyalty by creating velue in every touch-point.  

Nilai Inti Welcoming 

  • Menyambut dengan tangan terbuka / Welcoming cordially 
  • Menyapa dengan penuh kehangatan / Greeting warmly 
  • Mendengarkan dengan sepenuh hati / Listening attentively 
Personalized 
  • Memahami keinginan setiap individu / Understanding needs 
  • Melibatkan dalam setiap interaksi / Engaging individual 
  • Melebihi harapan yang diinginkan / Exceeding expectation 
Memorable 
  • Membuat setiap interaksi bernilai / Creating values 
  • Memberikan kesan tak terlupakan / Giving memories 
  • Mengundang untuk datang kembali / inviting to return
Etos Kerja 

  • Lakukan dengan benar / Do right 
  • Lakukan lebih / Do more
  • Lakukan bersama-sama / Do together    

THE DELI CAKE SHOP 

THE DELI CAKE SHOP


Lokasi : Lower Lobby  Waktu Operasional : 24 jam Outlet ini menyediakan kue  –  kue, roti dan aneka hidangan penutup termasuk ice cream serta jajanan Indonesia,yang semuanya di produksi oleh pastry kitchen hotel. Promosi khusus pukul 18.00,pembelian seluruh produk yang dibuat di kitchen discount 20 %. 

MEDIA LOUNGE 
MEDIA LOUNGE


Lokasi : Lantai 3 
Waktu Operasional : 17.00 – 03.00 
Outlet ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk santai sambil menonton pertunjukkan olah raga layar  lebar.  Selain  menawarkan  berbagai  jenis  minuman  dan  cocktail  kelas  dunia,  outlet  ini  juga menyediakan  berbagai  aneka  permainan  olah  raga  seperti  Dart  Corner,  Snooker,  Chess,  Halma,  dan sebagainya. 

YACHT CLUB 
YACHT CLUB


Lokasi : Lantai 3 
Waktu Operasional : 14.00 – 02.00 
Outlet ini merupakan tempat hiburan malam hari yang paling lengkap. Memiliki ruang karaoke sekitar 11 kamar dan hall yang dilengkapi  dengan dance floor dengan live music, karaoke dan aneka pilihan minuman dan makanan. 


OASIS LOUNGE 
OASIS LOUNGE


Lokasi : Lantai 4 
Waktu Operasional : 24 Jam 
Merupakan  tempat  yang  sangat  elegant  untuk  mengadakan pertemuan  dengan  rekan  bisnis  atau sekedar minum, menikmati snack yang dihidangkan sambil mendengarkan live music yang lembut 


SUKHOTHAI RESTAURANT 
SUKHOTHAI RESTAURANT

Lokasi : Lantai 6 
Waktu Operasional : 
  • Lunch ( Selasa – Sabtu )  : 11.30 – 14.30 
  • Dinner ( Selasa – Sabtu )  : 18.00 – 22.30 
Restaurant Fine Dinning bernuansa Thailand dengan menawarkan hidangan dari dapur asli Thailand. 


BREEZE CAFÉ 
BREEZE CAFÉ


Lokasi : Lantai 6 
Waktu Operasional :  
  • Breakfast  : 06.00 – 10.00  
  • Lunch : 11.30 – 02.30  
  • Dinner : 18.00 – 22.30  
Outlet ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk santai atau menikmati makan malam di tepi kolam renang. Menawarkan hidangan Asia dan Western. 

Breeze café dibagi menjadi 3 bagian,yaitu : 
1. Poolside 
2. Upper 
3. Lower

RECREATIONAL FACILITIES 
1.  ACROPOLIS SPA AND FITNESS CENTRE 
2.  MASSAGE SERVICE 
3.  SWIMMING POOL

FASILITAS LAINNYA 
1.  The Exchange 
2.  Laundry and Dry Cleaning Service 
3.  Limousine Service 
4.  Car park 
5.  House Clinic

Jenis dan Fasilitas Kamar The Media Hotel & Towers  

ACCOMODATION Jumlah total kamar yang dimiliki adalah 324 kamar. Kamar tersebut terbagi lagi menjadi : 

●  140 Classic rooms  
●  142 Premium Classic 
●  27 Tower 
●  10 Club Suites 
●  2 Executive Suite 
●  2 Presidential Suites  
●  1 Penthouse 

IN ROOM FACILITIES 
Setiap kamar yang telah disebutkan sebelumnya dilengkapi dengan kelengkapan kamar sebagai berikut : 
  • Writing desk 
  • In room safety deposit box 
  • Hairdryer 
  • Flight information detail 
  • 30 TV Channel 
  • Tea and coffee making facilities 
  • Minibar and refrigerator 
  • 24 hours room service
Berikut Jenis Kamar The Media Hotel & Towers : 
CLASSIC ROOM

CLASSIC ROOM
IDR 450,000/ Night 
1 double bed, desk with free internet connection (LAN), Bathroom with shower and Bath, non smoking.

PREMIUM


PREMIUM
IDR 550,000/Night 
1 double bed, desk with free internet connection (LAN), Bathroom with shower and Bath, non smoking.

TOWER ROOM


TOWER ROOM
IDR 1,500,000/Night 
Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 2 (two) single bed or 1 double bed 
CLUB SUITE


CLUB SUITE 
IDR 3,000,000/Night

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, dining table, living room.

EXECUTIVE SUITE

EXECUTIVE SUITE
IDR 7,690,000/Night

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, 1 Bathroom with shower and Bath and 1 small bathroom, dining table, living room, non smoking.
PRESIDENTIAL SUITE


PRESIDENTIAL SUITE
IDR 13,690,000/Night 

Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 double bed, 1 Bathroom with shower and Bath and 1 small bathroom, dining table, living room, non smoking.
PENTHOUSE


PENTHOUSE
IDR 67,180,000/Night 
 
Complimentary breakfast, evening cocktail include drink and snacks, private check in, 1 master bed, 2 bedrooms, 1 Bathroom with shower and Bath, dining room, living room,private pool, non smoking.

Struktur Organisasi The Media Hotel & Towers 

Struktur Organisasi The Media Hotel & Towers


Departement The Media Hotel & Towers 


1. Front Office Department 
Front Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika tamu hendak check in. Adapun seksi-seksi di Front Office Departement sebagai berikut : 
a. Reservation 
b. Reception 
c. Telephone Operator 
d. Front Office Cashier 
e. Uniform Service/Concierge 
f. Information section 
g. Guest Relation Officer 
 
2. Food and Beverage Department 
Food and Beverage department adalah departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian diantara lain : 
a. Food & Beverage Production 
Food & Beverage Production adalah suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi  bahan matang untuk disediakan kepada para tamunya. 

b. Food & Beverage Service 
Food & Beverage Service adalah suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu.  

3. Housekeeping Department 

Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel. Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :

a. Floor Section
b. Public Area Section
c. Linen/uniform Section
d. Laundry section 
e. Gardener section
f. Florist section 
g. Recreation / swimming pool section 

4. Accounting Departement 
Accounting departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel. 

5. Personalia/HRD Department 
Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi karyawan. 

6. Engineering Department 
Engineering Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami kerusakan.

7. Marketing department 
Marketting departement adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel. 

8. Purchasing department 
Purchasing departemen adalah suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua kebutuhan hotel. 

9. Security Department 
Security Department adalah suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap (24 jam) 
Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian