Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
Persiapan Kerja Seorang Public Area
Penampilan diri yang dimaksud pada public area adalah pelampilan segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudaannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesama karyawan. Penampilan tersebut juga termasuk sikap yang sopan serta selalu siap melaksanakan tugas dengan penuh keramahaan serta tanggung jawab.
Untuk melaksanakan tugas ini seorang public area berhubungan langsung dengan tamu. Untuk menjaga kebersihan dan kerapian dari ujung rambut sampai ujung kaki merupakan hal yang wajib dilaksanakan.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
Standar penampilan seorang public area attendant:
- Berpenambilan rapi dan bersih serta sopan.
- Rambut pendek diatas kerah.
- Bagi wanita bila rambut panjang harus di harnet.
- Tidak mengenakan aksesoris berlebihan.
- Tidak menggunakan make up berlebihan.
- Tidak berkumis atau berjenggot bagi laki-laki.
- Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang.
Standar perilaku dasar
- Tepat waktu.
- Memiliki rasa hormat terhadap diri, teman dan pimpinan.
- Memiliki loyalitas.
- Menjalankan tugas dengan baik.
- Dapat dipercaya.
- Mengikuti jalur komunikasi.
- Keamanan untuk bekerja sama.
- Motivasi atau self motivation.
Sikap Dasar
- Hubungan kerja yang lebih baik.
- Kepercayaan diri yang lebih besar dengan diri sendiri dan orang lain.
- Meningkatnya tanggung jawab pribadi.
- Meningkatnya pengendalian diri.
- Menghemat waktu dan tenaga.
- Memenuhi kebutuhan masing-masing.
Syarat Khusus
- Bersih dan Rapi. Seorang publik area harus berpenampilan bersih dan rapi baik dari pakaian maupun dari dirinya untuk memberikan citra yang baik terhadap tamu yang dimana staff berhadapan langsung dengan tamu.
- Harum. Seorang publik area harus harum karena akan bertugas di seluruh area tamu sehingga tidak menggangu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan.
- Cepat dan tanggap. Seorang publik area harus dapat bekerja cepat agar tidak menggangu tamu terlalu lama dan tanggap terhadap kotoran sehingga tidak ada daerah yang telah dibersihkan ternyata masih ada kotoran tersisa serta tanggap saat melakukan pembersihan dengan menggunakan benda berat dan pemasangan tanda-tanda tertentu seperti “wet caution” agar tidak membahayakan tamu.
- Memiliki pengetahuan cukup tentang hotel. Seorang publik area harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hotel terutama fasilitas-fasilitasnya agar apabila saat ditanya oleh tamu dapat memberikan informasi.
- Ramah dan sopan. Seorang publik area harus bersikap sopan dan ramah setiap waktu apalagi saat ditanya ataupun ingin menggangu sejenak tamu dan ramah terhadap seluruh karyawan agar membina hubungan baik karena akan selalu bekerja berdampingan dengan departemen lain.
- Murah senyum. Seorang publik area harus murah senyum agar tamu senang melihat.
- Rajin memberikan salam. Seorang publik area harus rajin memberikan salam seperti “good morning/good afternoon/good evening” agar tamu merasa diperhatikan.