Skripsi Public Relations, Pentingnya Public Relations, Pengembangan Bisnis

Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis

Public Relations, public relations indonesia, publics relations journal

 Latar Belakang Masalah

Public Relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mepertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan public yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.

Kebanyakan perusahaan atau organisasi kini mengakui peranan public relations sangat penting di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kegiatan public relations sebagai mediator yang menjembatani kepentingan organisasi atau perusahaan dengan publiknya yang terkait dengan kegiatan public relations itu sendiri. Berbagai aktivitas senantiasa menciptakan,menjaga, dan meningkatkan citra yang positif.

Selain itu, public relations dalam era demokrasi seperti sekarang ini memiliki posisi yang sangat penting. Public Relations dalam PT. Seduh Sedap Nikmat Indonesia memiliki tugas untuk mengatur, meyalurkan, membangun citra yang positif, menjalin relasi dan kerjasama dengan berbagai instansi, memberikan informasi kepada pihak internal maupun external baik itu informasi melalui media lama seperti majalah, pamflet, brosur, maupun media baru seperti website.
Dalam hal ini teknologi merupakan pengembangan alat dan aplikasi yang meliputi mesin dan materialnya yang dapat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan informasi atau pertukaran makna antara satu orang kepada orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya. Teknologi komunikasi adalah pengembangan alat atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain atau lingkungan sekitarnya.

Perkembangan Public Relations (PR), baik sebagai ilmu maupun profesi, tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR sudah berkembang begitu pesat. Dampak dari perkembangan teknologi juga sangat terasa dalam pekerjaan seorang public relations. Untuk menyampaikan informasi kepada khalayaknya, berbagai macam media telah digunakan. Salah satu media baru yang saat ini sering digunakan adalah internet.
Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Internet merupakan suatu media yang sangat besar manfaatnya, maka tidak lah berlebihan jika disebut sebagai cyberspace, adalah komunikasi baru dari masyarakat dunia. Berbagai kalangan mulai dari businessman, akademisi, praktisi media massa, pemasaran, public relations, para ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan anak-anak dapat mengambil keuntungan dengan hadirnya internet. Internet juga bisa sebagai media hiburan, pengetahuan, sains, menjalin relasi, promosi, dan pemasaran.

Praktisi public relations bertanggung jawab membuat beragam media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana komunikasi dua arah dengan publiknya. Melalui media komunikasi tersebut, semua program public relations bisa menyebar dan dipahami publik. Media komunikasi public relations antara lain newsletter, buletin, majalah dinding, company profile, press release, backgrounders, naskah pidato, annual report, maupun iklan korporat yang semuanya dimuat ke dalam website.

Meningkatnya kebutuhan atas informasi dalam kehidupan manusia, telah berdampak signifikan bagi perkembangan teknologi komunikasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, interaksi yang dilakukan manusia pun tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Imbas dari perkembangan teknologi juga sangat terasa dalam pekerjaan humas. Perkembangan informasi yang cepat karena kehadiran internet serta tuntutan pasar akan respon yang cepat dari setiap perubahan dan kebutuhan informasi yang up to date memaksa humas untuk menyesuaikan diri. Humas dituntut hadir sebagai humas modern yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pesan yang disampaikan oleh humas bukan hanya disampaikan melalui media konvensional, melainkan melalui semua media dengan transfer yang sangat cepat yang terdapat dalam sebuah website. Dalam pendekatannya dengan masyarakat, di sini public relations menggunakan pendekatan one-to-one yang dianggap paling efektif saat ini, karena kondisi masyarakat yang sudah jenuh dengan pendekatan yang bersifat massa dan ingin terus mendapatkan berita ter-update yang dimuat di dalam website.

Salah satu perusahaan swasta yang berada di Indonesia yaitu PT. Seduh Sedap Nikmat menggunakan media internet dalam mempromosikan event-event yang akan berlangsung di setiap store-nya yang berada di Jakarta maupun di luar Jakarta. 

Mengenai pembahasan Pengelolaan Website di atas, saya melakukan wawancara dengan Saudari Maharani Sanjani, S.Kom. yang menjabat Humas PT. Seduh Sedap Nikmat Jakarta, yang berlokasi di Jalan Permata, Sahid Sudirman Center, lantai 27, Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 21, Jakarta Pusat 10220. Virani Safitri, S.Kom. menyatakan bahwa:

“….Masih terdapat kekurangan-kekurangan dari website yang dimiliki oleh PT. Seduh Sedap Nikmat Jakarta, yaitu masih kurang lengkap dan updatenya event-event yang sudah ditampilkan oleh para staf yang menangani bagian ini. Para karyawan saya seakan-akan melalaikan informasi yang seharusnya di sebarluaskan di masyarakat. Saya sudah pernah menegur para staff saya dibagian ini tetapi mereka masih belom menyadarinya”

Selain itu saya juga telah mewawancarai seorang regular costumer Sedu Sedap Nikmat, Thisra Harapiri, untuk mengetahui responsnya mengenai kurang update-nya website Sedu Sedap Nikmat. Berikut wawancaranya,

“ ….. Menurut admin Website Sedu Sedap Nikmat sendiri sudah cukup menarik dilihat dari tampilannya yang simple dan memudahkan orang untuk mencari informasi. Tetapi ada kurangnya juga, Kurangnya itu adalah pada eventnya yang kurang update. Kadang malah pas udah ke store nya ingin membeli minuman baru dikasih tau sama baristanya kalo lagi ada promo ini itu, padahal pas liat websitenya ga ada promonya makanya suka bingung.”
Dilihat dari hasil pengamatan dan wawancara yang telah saya lakukan beberapa waktu lalu, maka saya merasa tertarik dengan masalah kurang update-nya website PT. Seduh Sedap Nikmat pada website www.sesenikmat.co.id.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka perumusan masalah yang penulis ambil adalah pengelolaan website PT. Seduh Sedap Nikmat www.sesenikmat.co.id yang dianggap kurang update oleh regular costumer-nya.

Tujuan Penelitian

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan website PT. Seduh Sedap Nikmat www.sesenikmat.co.id yang dianggap kurang update oleh regular costumer-nya.

Manfaat Penelitian

Manfaat Penelitian Akademis
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam kajian ilmu komunikasi khususnya praktisi public relations PT. Seduh Sedap Nikmat mengenai pengelolaan website di instansinya maupun instansi swasta lainnya.

Manfaat Penelitian Praktis

Penelitian ini dapat bermanfaat bagi para praktisi Public Relations mengenai pengelolaan website di berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah.
Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian