Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis

Latar Belakang Masalah
Public Relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mepertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan public yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
Kebanyakan perusahaan atau organisasi kini mengakui peranan public relations sangat penting di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kegiatan public relations sebagai mediator yang menjembatani kepentingan organisasi atau perusahaan dengan publiknya yang terkait dengan kegiatan public relations itu sendiri. Berbagai aktivitas senantiasa menciptakan,menjaga, dan meningkatkan citra yang positif.
Selain itu, public relations dalam era demokrasi seperti sekarang ini memiliki posisi yang sangat penting. Public Relations dalam PT. Seduh Sedap Nikmat Indonesia memiliki tugas untuk mengatur, meyalurkan, membangun citra yang positif, menjalin relasi dan kerjasama dengan berbagai instansi, memberikan informasi kepada pihak internal maupun external baik itu informasi melalui media lama seperti majalah, pamflet, brosur, maupun media baru seperti website.
Dalam hal ini teknologi merupakan pengembangan alat dan aplikasi yang meliputi mesin dan materialnya yang dapat memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan informasi atau pertukaran makna antara satu orang kepada orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya. Teknologi komunikasi adalah pengembangan alat atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain atau lingkungan sekitarnya.
Perkembangan Public Relations (PR), baik sebagai ilmu maupun profesi, tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR sudah berkembang begitu pesat. Dampak dari perkembangan teknologi juga sangat terasa dalam pekerjaan seorang public relations. Untuk menyampaikan informasi kepada khalayaknya, berbagai macam media telah digunakan. Salah satu media baru yang saat ini sering digunakan adalah internet.
Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Internet merupakan suatu media yang sangat besar manfaatnya, maka tidak lah berlebihan jika disebut sebagai cyberspace, adalah komunikasi baru dari masyarakat dunia. Berbagai kalangan mulai dari businessman, akademisi, praktisi media massa, pemasaran, public relations, para ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan anak-anak dapat mengambil keuntungan dengan hadirnya internet. Internet juga bisa sebagai media hiburan, pengetahuan, sains, menjalin relasi, promosi, dan pemasaran.
Praktisi public relations bertanggung jawab membuat beragam media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana komunikasi dua arah dengan publiknya. Melalui media komunikasi tersebut, semua program public relations bisa menyebar dan dipahami publik. Media komunikasi public relations antara lain newsletter, buletin, majalah dinding, company profile, press release, backgrounders, naskah pidato, annual report, maupun iklan korporat yang semuanya dimuat ke dalam website.
Meningkatnya kebutuhan atas informasi dalam kehidupan manusia, telah berdampak signifikan bagi perkembangan teknologi komunikasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, interaksi yang dilakukan manusia pun tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Imbas dari perkembangan teknologi juga sangat terasa dalam pekerjaan humas. Perkembangan informasi yang cepat karena kehadiran internet serta tuntutan pasar akan respon yang cepat dari setiap perubahan dan kebutuhan informasi yang up to date memaksa humas untuk menyesuaikan diri. Humas dituntut hadir sebagai humas modern yang dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pesan yang disampaikan oleh humas bukan hanya disampaikan melalui media konvensional, melainkan melalui semua media dengan transfer yang sangat cepat yang terdapat dalam sebuah website. Dalam pendekatannya dengan masyarakat, di sini public relations menggunakan pendekatan one-to-one yang dianggap paling efektif saat ini, karena kondisi masyarakat yang sudah jenuh dengan pendekatan yang bersifat massa dan ingin terus mendapatkan berita ter-update yang dimuat di dalam website.
Salah satu perusahaan swasta yang berada di Indonesia yaitu PT. Seduh Sedap Nikmat menggunakan media internet dalam mempromosikan event-event yang akan berlangsung di setiap store-nya yang berada di Jakarta maupun di luar Jakarta.
Mengenai pembahasan Pengelolaan Website di atas, saya melakukan wawancara dengan Saudari Maharani Sanjani, S.Kom. yang menjabat Humas PT. Seduh Sedap Nikmat Jakarta, yang berlokasi di Jalan Permata, Sahid Sudirman Center, lantai 27, Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 21, Jakarta Pusat 10220. Virani Safitri, S.Kom. menyatakan bahwa:
“….Masih terdapat kekurangan-kekurangan dari website yang dimiliki oleh PT. Seduh Sedap Nikmat Jakarta, yaitu masih kurang lengkap dan updatenya event-event yang sudah ditampilkan oleh para staf yang menangani bagian ini. Para karyawan saya seakan-akan melalaikan informasi yang seharusnya di sebarluaskan di masyarakat. Saya sudah pernah menegur para staff saya dibagian ini tetapi mereka masih belom menyadarinya”
Selain itu saya juga telah mewawancarai seorang regular costumer Sedu Sedap Nikmat, Thisra Harapiri, untuk mengetahui responsnya mengenai kurang update-nya website Sedu Sedap Nikmat. Berikut wawancaranya,
“ ….. Menurut admin Website Sedu Sedap Nikmat sendiri sudah cukup menarik dilihat dari tampilannya yang simple dan memudahkan orang untuk mencari informasi. Tetapi ada kurangnya juga, Kurangnya itu adalah pada eventnya yang kurang update. Kadang malah pas udah ke store nya ingin membeli minuman baru dikasih tau sama baristanya kalo lagi ada promo ini itu, padahal pas liat websitenya ga ada promonya makanya suka bingung.”
Selain itu saya juga telah mewawancarai seorang regular costumer Sedu Sedap Nikmat, Thisra Harapiri, untuk mengetahui responsnya mengenai kurang update-nya website Sedu Sedap Nikmat. Berikut wawancaranya,
“ ….. Menurut admin Website Sedu Sedap Nikmat sendiri sudah cukup menarik dilihat dari tampilannya yang simple dan memudahkan orang untuk mencari informasi. Tetapi ada kurangnya juga, Kurangnya itu adalah pada eventnya yang kurang update. Kadang malah pas udah ke store nya ingin membeli minuman baru dikasih tau sama baristanya kalo lagi ada promo ini itu, padahal pas liat websitenya ga ada promonya makanya suka bingung.”
Dilihat dari hasil pengamatan dan wawancara yang telah saya lakukan beberapa waktu lalu, maka saya merasa tertarik dengan masalah kurang update-nya website PT. Seduh Sedap Nikmat pada website www.sesenikmat.co.id.
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam kajian ilmu komunikasi khususnya praktisi public relations PT. Seduh Sedap Nikmat mengenai pengelolaan website di instansinya maupun instansi swasta lainnya.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka perumusan masalah yang penulis ambil adalah pengelolaan website PT. Seduh Sedap Nikmat www.sesenikmat.co.id yang dianggap kurang update oleh regular costumer-nya.Tujuan Penelitian
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan website PT. Seduh Sedap Nikmat www.sesenikmat.co.id yang dianggap kurang update oleh regular costumer-nya.Manfaat Penelitian
Manfaat Penelitian AkademisHasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam kajian ilmu komunikasi khususnya praktisi public relations PT. Seduh Sedap Nikmat mengenai pengelolaan website di instansinya maupun instansi swasta lainnya.