Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan

BAB IV
PROFIL BISNIS

4.1 Gambaran Umum Perusahaan

Perkembangan industri jasa boga terutama di Jakarta semakin berkembang seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi di Jakarta. Jenis jasa boga yang ada juga beragam, mulai dari skala rumahan, sampai skala besar.

Selain dilihat dari skala kecil besarnya pemain di industri ini, ragam jenis jasa boga juga dibagi berdasarkan jenis makanan dan minuman yang ditawarkan. Mulai dari menu tradisional, menu asia, menu eropa, dan berbagai jenis menu lainnya yang semakin berkembang seiring permintaan dari pelanggan.

Bahkan sampai saat ini permintaan akan kebutuhan pesanan makanan dan minuman untuk berbagai acara, sulit dipenuhi oleh pemain di industri jasa boga. Oleh karena itu tidak sedikit setiap pemain di industri ini melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan dari pelanggan. H. Halim Catering didirikan karena terdapat peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pesanan makanan dan minuman dalam berbagai acara.
Filosofi dari H. Halim Catering berasal dari nama orang tua penulis H. Halim Catering. Sebelumnya, nama H. Halim adalah nama rumah makan Pondok Ayam Goreng H. Halim yang terletak Jalan Pegambiran No. 5 Rawamangun, Jakarta Timur. Rumah makan tersebut mempunyai menu andalan yaitu ayam goreng. Seiring berjalan, penulis ingin mengikuti jejak dari orang tua dengan membuka usaha yang bergerak di bidang makanan. Oleh karena itu penulis mencoba membuat jasa boga (katering) yang baru berjalan 6 bulan. Penulis memakai nama H. Halim karena menurut penulis nama tersebut merupakan perpanjangan jenis bisnis makanan dari orang tuanya. 

Tujuan penulis membuat bisnis ini adalah untuk melayani pelanggan terutama pelanggan Pondok Ayam Goreng H. Halim yang ingin memesan dalam jumlah besar untuk keperluan acara seperti arisan, ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya.

Alamat H. Halim Catering terletak satu lokasi dengan alamat rumah makan Pondok Ayam Goreng H. Halim yaitu di jl. Pegambiran No. 5 Rawamangun, Jakarta Timur. Nomor yang bisa dihubungi untuk memesan makanan atau minuman yaitu di 021-4759807.

4.1.1 Visi-Misi
Visi: 
Menjadi usaha katering yang dapat diandalkan dan dipercaya dalam industri jasa boga.
Misi:
  1. Menciptakan lapangan pekerjaan
  2. Memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan pokok
  3. Menyediakan makanan yang lezat, bergizi, dan halal
  4. Memberikan pelayanan yang terbaik ke pelanggan


Nilai Nilai yang dianut :
  1. Konsistensi: Penulis bermaksud untuk menjaga cita rasa setiap jenis produk atau menu makanan dan minuman yang diberikan untuk pelanggan. oleh karena itu nilai pertama yang ingin disampaikan adalah konsistensi cita rasa yang didukung oleh konsistensi kebersihan dan kesegaran bahan baku, dan konsistensi kinerja karyawan dalam melakukan proses bisnis jasa boga ini.
  2. Tanggung jawab: Tanggung jawab ini ditujukan penulis kepada hal hal yang berhubungan di dalam bisnis ini, baik di dalam maupun luar bisnis seperti tanggung jawab penulis pada kualitas produk yang dihasilkan, tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dan moril masyarakat.
  3. Kebersihan: Kebersihan menjadi hal yang sangat penting untuk industri jasa boga, baik dari kebersihan bahan baku, proses produksi, sampai pengemasan. Oleh karena itu, penulis menjadikan kebersihan nilai-nilai yang perlu dianut dalam menjalankan bisnisnya.
  4. Ketepatan waktu: ketepatan waktu ini sangat dijaga di dalam menjalankan kegiatan bisnis kepada pelanggan. Hal ini bertujuan dalam menjaga dan menjalin hubungan yang baik kepada para pelanggan.

4.1.2. Logo Perusahaan dan Makna Logo Perusahaan


Sumber: Data internal, diolah oleh penulis (Data Internal H. Halim Catering)
Gambar 4.1 Logo H. Halim Catering 

Makna dari 2 huruf H yang menempel yaitu merupakan singkatan dari H. Halim. Logo pelayan membawa makanan mencerminkan dari nilai-nilai yang dianut oleh H. Halim Catering. H. Halim Catering menggunakan logo perusahaan yang sama dengan Pondok Ayam Goreng H. Halim karena penulis bermaksud untuk membantu membesarkan nama H. Halim dalam industri makanan.

4.2 Struktur Organisasi

Struktur Organisasi H. Halim Catering adalah sebagai berikut 


Sumber: Data internal, diolah oleh penulis (Data Internal H. Halim Catering)
Gambar 4.2 Struktur Organisasi H. Halim Catering
Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian