Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
BAB VI
IMPLEMENTASI STRATEGI
H. Halim Catering telah mendapatkan strategi utama yaitu Market Development dan dijabarkan melalui beberapa pilihan strategi yang ingin diimplementasikan dalam 3 tahun kedepan. Pilihan strategi tersebut akan diimplementasikan dari tahun pertama sampai tahun ketiga secara bertahap.
Strategi-strategi yang sudah ditentukan akan disusun dalam sebuah rencana kerja H. Halim Catering periode 2016-2018. Dalam rencana kerja ini akan terlihat tahapan menuju target yang ingin dicapai oleh H. Halim Catering. Berikut ini adalah rincian secara jelas mengenai strategi-strategi yang ingin diimplementasikan di H. Halim Catering;
Strategi-strategi yang sudah ditentukan akan disusun dalam sebuah rencana kerja H. Halim Catering periode 2016-2018. Dalam rencana kerja ini akan terlihat tahapan menuju target yang ingin dicapai oleh H. Halim Catering. Berikut ini adalah rincian secara jelas mengenai strategi-strategi yang ingin diimplementasikan di H. Halim Catering;
1. Tahun Pertama
Implementasi strategi H. Halim Catering untuk pengembangan bisnis pada tahun pertama yaitu fokus pada membuat perencanaan strategis, melakukan pembenahan internal, dan mengembangkan media promosi H. Halim Catering. Fokus strategi tersebut dinilai sebagai pondasi H. Halim Catering sebelum mengembangkan bisnis kedepannya. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun pertama;
a) Membuat Perencanaan Strategis
Sebelum melakukan implementasi strategi, H. Halim Catering melakukan perencanaan strategis untuk pengembangan bisnis tiga tahun kedepan. Perencanaan strategis H. Halim Catering dimulai pada semester 1 tahun 2016 dari menentukan target penjualan, melakukan estimasi kenaikan harga bahan baku, kenaikan gaji karyawan, dan estimasi kenaikan harga produk yang dijual. H. Halim Catering berencana menaikan target penjualannya perbulan menjadi 40 juta Rupiah perbulan pada tahun 2016, hal tersebut dilandasi akan kenaikan berbagai bahan baku, kenaikan gaji karyawan yang menuntut untuk menaikan harga produk sehingga target yang ingin dicapai setiap bulannya mengikuti kenaikan dari harga produk.
b) Melakukan Pembenahan Internal
Setelah melakukan perencanaan strategis, tahapan berikutnya pada fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2016 semester 1 adalah melakukan pembenahan internal seperti membuat prosedur standar untuk proses bisnis H. Halim Catering. Prosedur standar yang dirancang akan mendukung ketepatan waktu produksi, standarisasi pengerjaan proses produksi, dan efisiensi biaya.Selanjutnya adalah pembenahan sumber daya manusia dengan cara rutin melakukan diskusi dan pembekalan mengenai proses produksi H. Halim Catering serta pembekalan mengenai pelayanan yang baik.
c) Mengembangkan media promosi H. Halim Catering dengan implementasi promosi dengan sosial media
Media promosi yang digunakan H. Halim Catering memang perlu dibenahi. Pada tahap ini, H. Halim Catering mulai ingin mengimplementasikan pemasaran dengan menggunakan media sosial pada semester 2 tahun 2016. Melihat peluang yang ada akan perkembangan teknologi dan perilaku masyarakat yang tidak lepas dari penggunaan sosial media, H. Halim Catering ingin mencoba pemasaran dengan media sosial untuk efektivitas pemasaran dan menghemat biaya promosi.
Implementasi pada tahun pertama diestimasikan mengalami kenaikan volume pesanan sebesar 25% untuk setiap tahunnya. Anggaran untuk tahun pertama yaitu sebesar 336.300.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 800.000.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 6520 porsi dan buffet catering sejumlah 9800 yang dihitung satu orang.
2. Tahun Kedua
Setelah membangun pondasi dari internal, H. Halim Catering mempunyai fokus strategi untuk mengembangkan produk dan perlahan memperluas jaringan distribusi pemesanan. Kedua strategi tersebut dipilih untuk diimplementasikan pada tahun kedua karena H. Halim Catering sudah siap untuk mencoba mengembangkan produk yang didukung oleh kapabilitas dari sumber daya H. Halim Catering yang sudah dibenahi pada tahun pertama dan ekspansi jaringan distribusi. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun kedua;
a) Membuat varian produk baru
Fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2017 semester 1 salah satunya adalah membuat varian produk baru untuk menu kateringnya. Hal tersebut dilakukan H. Halim Catering untuk cepat tanggap akan peluang mengenai tren makanan yang disukai oleh pelanggan yang menjadi segmen dan target H. Halim Catering.
b) Memperluas jaringan distribusi pesanan
Fokus strategi berikutnya pada tahun 2017 di semester 1 adalah mencoba untuk memperluas jaringan distribusi pesanan. Hal tersebut dilakukan dengan cara menerima pesanan untuk wilayah sekitar Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Karawang. Selain mencari pasar pada wilayah baru, H. Halim Catering ingin membesarkan nama usahanya dengan cara tersebut.
Implementasi pada tahun kedua diharapkan mengalami kenaikan penjualan karena terdapat penambahan menu baru untuk pilihan pelanggan dan perluasan distribusi jaringan dari H. Halim Catering. Anggaran untuk tahun kedua yaitu sebesar 604.790.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 1.447.580.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 9540 porsi dan buffet catering sejumlah 17000 yang dihitung satu orang. Estimasi kenaikan volume penjualan sejumlah 25% tentunya didukung oleh beberapa inisiatif yang dilakukan H. Halim Catering dari penambahan produk baru dan perluasan jaringan distribusi pesanan pelanggan.
3. Tahun Ketiga
Pada tahun terakhir implementasi pengembangan bisnis, H. Halim Catering ingin meneruskan fokus pada tahun kedua yaitu membuat varian produk baru dan memperluas jaringan distribusi pesanan. H. Halim Catering berencana untuk melakukan perluasan jaringan distribusi pesanan dengan membuka cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun ketiga;
a) Membuat varian produk baru mengikuti tren setiap tahunnya dengan cita rasa khas H. Halim Catering
Pengembangan produk masih menjadi fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2018 semester 1 untuk memberikan pilihan menu yang beragam agar pelanggan mempunyai banyak pilihan dalam memesan paket makanan dan minuman dari H. Halim Catering.
b) Memperluas jaringan distribusi pesanan
Perluasan jaringan distribusi pesanan juga masih tetap dilakukan pada tahun 2018 di semester 2. H. Halim Catering masih perlu memperluas jaringan distribusi karena masih ada daerah yang menjadi target H. Halim Catering yang belum promosikan.
c) Membuka cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering
Fokus H. Halim Catering pada tahun 2018 di semester 2 selanjutnya adalah membuka sebuah restoran yang menunya sama seperti beberapa menu H. Halim Catering yang menjadi favorit pelanggan. Hal ini didasari oleh memberikan pelayanan untuk pelanggan H. Halim Catering yang ingin memesan dan merasakan masakan H. Halim Catering dengan jumlah pesanan yang tidak banyak atau jumlah pesanan satuan.
Implementasi pada tahun ketiga diharapkan mengalami kenaikan penjualan karena selain terdapat penambahan menu baru untuk pilihan pelanggan dan perluasan distribusi jaringan, H. Halim Catering berencana untuk membuat cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering. Anggaran untuk tahun ketiga yaitu sebesar 721.550.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 1.720.500.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 11500 porsi dan buffet catering sejumlah 19000 yang dihitung satu orang. Walaupun H. Halim Catering berencana untuk membuat cabang restoran pada semester 2, diharapkan mampu mendorong penjualan H. Halim Catering untuk tahun ketiga.