Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi

BAB VI
IMPLEMENTASI STRATEGI


H. Halim Catering telah mendapatkan strategi utama yaitu Market Development dan dijabarkan melalui beberapa pilihan strategi yang ingin diimplementasikan dalam 3 tahun kedepan. Pilihan strategi tersebut akan diimplementasikan dari tahun pertama sampai tahun ketiga secara bertahap.

Strategi-strategi yang sudah ditentukan akan disusun dalam sebuah rencana kerja  H. Halim Catering periode 2016-2018. Dalam rencana kerja ini akan terlihat tahapan menuju target yang ingin dicapai oleh H. Halim Catering. Berikut ini adalah rincian secara jelas mengenai strategi-strategi yang ingin diimplementasikan di H. Halim Catering;

1. Tahun Pertama

Implementasi strategi H. Halim Catering untuk pengembangan bisnis pada tahun pertama yaitu fokus pada membuat perencanaan strategis, melakukan pembenahan internal, dan mengembangkan media promosi H. Halim Catering. Fokus strategi tersebut dinilai sebagai pondasi H. Halim Catering sebelum mengembangkan bisnis kedepannya. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun pertama;
a) Membuat Perencanaan Strategis

Sebelum melakukan implementasi strategi, H. Halim Catering melakukan perencanaan strategis untuk pengembangan bisnis tiga tahun kedepan. Perencanaan strategis H. Halim Catering dimulai pada semester 1 tahun 2016  dari menentukan target penjualan, melakukan estimasi kenaikan harga bahan baku, kenaikan gaji karyawan, dan estimasi kenaikan harga produk yang dijual. H. Halim Catering berencana menaikan target penjualannya perbulan menjadi 40 juta Rupiah perbulan pada tahun 2016, hal tersebut dilandasi akan kenaikan berbagai bahan baku, kenaikan gaji karyawan yang menuntut untuk menaikan harga produk sehingga target yang ingin dicapai setiap bulannya mengikuti kenaikan dari harga produk.

b) Melakukan Pembenahan Internal

Setelah melakukan perencanaan strategis, tahapan berikutnya pada fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2016 semester 1 adalah melakukan pembenahan internal seperti membuat prosedur standar untuk proses bisnis H. Halim Catering. Prosedur standar yang dirancang akan mendukung ketepatan waktu produksi, standarisasi pengerjaan proses produksi, dan efisiensi biaya.Selanjutnya adalah pembenahan sumber daya manusia dengan cara rutin melakukan diskusi dan pembekalan mengenai proses produksi H. Halim Catering serta pembekalan mengenai pelayanan yang baik.

c) Mengembangkan media promosi H. Halim Catering dengan implementasi promosi dengan sosial media
Media promosi yang digunakan H. Halim Catering memang perlu dibenahi. Pada tahap ini, H. Halim Catering mulai ingin mengimplementasikan pemasaran dengan menggunakan media sosial pada semester 2 tahun 2016. Melihat peluang yang ada akan perkembangan teknologi dan perilaku masyarakat yang tidak lepas dari penggunaan sosial media, H. Halim Catering ingin mencoba pemasaran dengan media sosial untuk efektivitas pemasaran dan menghemat biaya promosi.

Implementasi pada tahun pertama diestimasikan mengalami kenaikan volume pesanan sebesar 25% untuk setiap tahunnya. Anggaran untuk tahun pertama yaitu sebesar 336.300.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 800.000.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 6520 porsi dan buffet catering sejumlah 9800 yang dihitung satu orang.

2. Tahun Kedua
Setelah membangun pondasi dari internal, H. Halim Catering mempunyai fokus strategi untuk mengembangkan produk dan perlahan memperluas jaringan distribusi pemesanan. Kedua strategi tersebut dipilih untuk diimplementasikan pada tahun kedua karena H. Halim Catering sudah siap untuk mencoba mengembangkan produk yang didukung oleh kapabilitas dari sumber daya H. Halim Catering yang sudah dibenahi pada tahun pertama dan ekspansi jaringan distribusi. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun kedua;

a) Membuat varian produk baru

Fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2017 semester 1 salah satunya adalah membuat varian produk baru untuk menu kateringnya. Hal tersebut dilakukan H. Halim Catering untuk cepat tanggap akan peluang mengenai tren makanan yang disukai oleh pelanggan yang menjadi segmen dan target H. Halim Catering.
b) Memperluas jaringan distribusi pesanan

Fokus strategi berikutnya pada tahun 2017 di semester 1 adalah mencoba untuk memperluas jaringan distribusi pesanan. Hal tersebut dilakukan dengan cara menerima pesanan untuk wilayah sekitar Jakarta seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Karawang. Selain mencari pasar pada wilayah baru, H. Halim Catering ingin membesarkan nama usahanya dengan cara tersebut.

Implementasi pada tahun kedua diharapkan mengalami kenaikan penjualan karena terdapat penambahan menu baru untuk pilihan pelanggan dan perluasan distribusi jaringan dari H. Halim Catering. Anggaran untuk tahun kedua yaitu sebesar 604.790.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 1.447.580.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 9540 porsi dan buffet catering sejumlah 17000 yang dihitung satu orang. Estimasi kenaikan volume penjualan sejumlah 25% tentunya didukung oleh beberapa inisiatif yang dilakukan H. Halim Catering dari penambahan produk baru dan perluasan jaringan distribusi pesanan pelanggan.

3. Tahun Ketiga
Pada tahun terakhir implementasi pengembangan bisnis, H. Halim Catering ingin meneruskan fokus pada tahun kedua yaitu membuat varian produk baru dan memperluas jaringan distribusi pesanan. H. Halim Catering berencana untuk melakukan perluasan jaringan distribusi pesanan dengan membuka cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap fokus strategi yang akan diimplementasikan pada tahun ketiga;

a) Membuat varian produk baru mengikuti tren setiap tahunnya dengan cita rasa khas H. Halim Catering
Pengembangan produk masih menjadi fokus strategi H. Halim Catering pada tahun 2018 semester 1 untuk memberikan pilihan menu yang beragam agar pelanggan mempunyai banyak pilihan dalam memesan paket makanan dan minuman dari H. Halim Catering.

b) Memperluas jaringan distribusi pesanan
Perluasan jaringan distribusi pesanan juga masih tetap dilakukan pada tahun 2018 di semester 2. H. Halim Catering masih perlu memperluas jaringan distribusi karena masih ada daerah yang menjadi target H. Halim Catering yang belum promosikan.

c) Membuka cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering
Fokus H. Halim Catering pada tahun 2018 di semester 2 selanjutnya adalah membuka sebuah restoran yang menunya sama seperti beberapa menu H. Halim Catering yang menjadi favorit pelanggan. Hal ini didasari oleh memberikan pelayanan untuk pelanggan H. Halim Catering yang ingin memesan dan merasakan masakan H. Halim Catering dengan jumlah pesanan yang tidak banyak atau jumlah pesanan satuan.
Implementasi pada tahun ketiga diharapkan mengalami kenaikan penjualan karena selain terdapat penambahan menu baru untuk pilihan pelanggan dan perluasan distribusi jaringan, H. Halim Catering berencana untuk membuat cabang restoran dengan menu yang ditawarkan seperti menu pada katering. Anggaran untuk tahun ketiga yaitu sebesar 721.550.000 Rupiah yang meliputi biaya operasional, dan biaya lainnya. H. Halim Catering diharapkan dapat mencapai target penjualan sekitar 1.720.500.000 Rupiah dengan penjualan nasi box sejumlah 11500 porsi dan buffet catering sejumlah 19000 yang dihitung satu orang. Walaupun H. Halim Catering berencana untuk membuat cabang restoran pada semester 2, diharapkan mampu mendorong penjualan H. Halim Catering untuk tahun ketiga.
Daftar Isi
  1. Pedoman Penulisan, Tugas Akhir, Program Diploma Tiga, AMIK BSI
  2. Pedoman Penulisan, Pedoman Teknis, Tugas Akhir, Mahasiswa Universitas Indonesia
  3. PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  4. Contoh Skripsi Hukum Konsep Green Banking
  5. Pelaksanaan Pemberian Santunan, Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, PT. Jasa Raharja, Kantor Pelayananan Cabang Banten
  6. Sejarah Berdirinya PT. Jasa Raharja (Persero)
  7. METODE PENELITIAN
  8. HASIL ANALISIS DATA DAN INTERPRETASI
  9. Kesimpulan
  10. PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MEDIASI BRAND IMAGE PADA STUDI KASUS SMARTPHONE ASUS (ZENFONE)
  11. Analisis Harmoni dan Interpretasi Lagu "Corat-Coret" Karya Mochtar Embut
  12. Penataan dan penguatan organisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  13. Pengertian Global Positioning System (GPS) atau Navstar
  14. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
  15. Cara-Cara Memperoleh Ilmu Pengetahuan Sehingga Mendapat Sebuah Kesimpulan
  16. Cara Ilmiah dalam Memperoleh Pengetahuan
  17. Kriteria Metode Ilmiah
  18. The Value-Added of Development Communication “Kampanye KB Oleh BPMPKB Provinsi DKI Jakarta”
  19. Skripsi Hukum Pidana Bab I Pendahuluan
  20. Skripsi Musik, Bentuk Musik, Fokus Permasalahan, Rumusan Masalah, Manfaat Penelitian, Pengertian Analisa Musik, Unsur-unsur musik, Harmoni, Tempo
  21. Pengelolaan Website, Internet dan Dunia Kerja, Aplikasi Website dalam Public Relations, Keuntungan Aplikasi Website, Internet Sebagai Media Publisitas, Mengelola Website, Efektivitas Website
  22. Apa Mitos Di Balik Pembuatan Skripsi
  23. Skripsi Tentang Kepemimpinan Perempuan Bab I
  24. Karya Tulis Tentang Imuninasi, Sistem Imun Dalam Tubuh Manusia, Antigen, Antibodi, Imunisasi dan Vaksinasi, Vaksin Campak
  25. Motivasi, Pengabdian pada Profesi, Kewajiban Sosial, Kemandirian, Hubungan Sesama Profesi, Keyakinan pada Profesi, Kualitas auditor 
  26. Telaah Pustaka Pengaruh Faktor-Faktor Akuntabilitas Auditor dan Profesionalisme
  27. Analisis Eksternal, Analisis Internal, Bisnis Model Kanvas, SWOT, TOWS Matrix, Manajemen Strategi, Aspek Operasional, Aspek Pemasaran, Aspek Sumber Daya Manusia
  28. Metodologi Penelitian, Jenis Penelitian, Objek Penelitian
  29. Profil Bisnis, Gambaran Umum Perusahaan, Visi, Misi, Logo Perusahaan, Makna Logo Perusahaan
  30. Analisis Lingkungan Bisnis, Analisis Pestel, Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Analisis 5 Forces Porter
  31. Implementasi Strategi, Membuat Perencanaan Strategis, Melakukan Pembenahan Internal, Mengembangkan media promosi
  32. Kesimpulan dan Saran, analisis internal dan eksternal
  33. Contoh Daftar Isi Skripsi
  34. Skripsi Public Relations dengan Judul Pentingnya Public Relations Untuk Pengembangan Bisnis
  35. Skripsi Virtual Private (VTN), Analisis Jaringan Virtual Private Network Point To Point Protokol
  36. Konsumsi Nasional Menuju Proses Penggelembungan (Bubble) yang Mengkhawatirkan
  37. Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian
  38. Pengaruh Etika Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai, Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah
  39. Pedoman Penulisan, Pembimbingan dan Ujian Skripsi Pelita Bangsa
  40. Latar Belakang, India Melirik Kearah Timur, Orientasi Hubungan Antar Negara Kawasan Asia, Look East Policy (LEP)
  41. Contoh Tesis, Rumusan Masalah, Signifikansi Penelitian, kerjasama Mekong, Ganga Cooperation Initiative
  42. Era Kolonial Inggris, Pasca Kemerdekaan, Pasca Perang Dingin
  43. Penggunaan Media Inovasi Intraoral Camera, Teknologi Kedokteran Gigi, Tinjauannya Berdasarkan Perpektif Islam
  44. Uni Eropa dan Kebijakan Perfilman, Implementasi Kebijakan Perfilman Uni Eropa: Pembiayaan, Manajemen dan Regulasi
  45. Lahirnya Kebijakan Perfilman Eropa, Perdagangan Global, WTO dan Perfilman Eropa, Perkembangan Terkini Kebijakan Perfilman Eropa
  46. Pembiayaan untuk Perfilman, Bantuan Film Referensi, Bantuan Film Panjang, Bantuan Film Panjang, TV Broadcast Restrictions
  47. PERSAINGAN, KERJASAMA DAN REARSI NEGARA DALAM LINGKUP KEBIJAKAN PERFILMAN EROPA
  48. Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar, inheren terjepit antara seni dan perdagangan.
  49. Daftar Bacaan, Kebijakan Film Uni Eropa berkembang antara kreativitas dan pasar
  50. Pemicu Munculnya Reformasi Tahun 1998 
  51. Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metodologi Penelitian, Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data
  52. Landasan Teori, Teori Partai Politik
  53. Teori Partisipasi Politik
  54. Sejarah Ringkas Kelahiran PDI Perjuangan
  55. Kondisi politik PDI di bawah kekuasaan Orde Baru
  56. Visi dan Misi PDI Perjuangan
  57. Pengertian Public Area Section, Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Attendant
  58. Persiapan Kerja Seorang Public Area, Standar penampilan, Standar perilaku dasar, Sikap Dasar, Syarat Khusus
  59. Analisis Literatur, Sejarah Asuransi di Dunia, Sejarah Asuransi di Indonesia, Tinjauan Umum Asuransi, Pengertian Asuransi, Jenis-Jenis Asuransi
  60. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan
  61. Kopi adalah salah satu minuman yang disukai dan banyak dikonsumsi di dunia
  62. Pengertian Kepailitan | Subjec dan Objek Kepailitan | Pihak Pemohon Pailit | Debitor pailit | Persyaratan Debitor dinyatakan Pailit | Perdamaian dalam PKPU
  63. Persyaratan Profesional Auditor | Tanggung Jawab Terhadap Profesi | Definisi Indepedensi Akuntan Publik
  64. Consumer Behaviour | Consumer Attitude | Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Komputer Merek Acer
  65. Teknologi Internet Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi | Pengaruh Orientasi Belanja Online | Pencarian Informasi Online
  66. Bahan PKL untuk Materi Perhotelan
  67. Skripsi Tentang Pangan, Tata Boga, Pengembangan Bisnis
  68. Protein, Masalah pada Protein Hewani, Berapa Banyak Protein, Keuntungan Protein Nabati, Komplementasi Protein
  69. Mutu Keberhasilan, Indikator Kebersihan Restroom, Definisi Kajian Hotel, Departemen-Departemen Yang Ada di Hotel
  70. Industri pariwisata di Indonesia sudah berkembang cukup pesat
  71. PENGARUH PENGAWET ALAMI DAN BUATAN PADA JAGUNG TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
  72. Cempedak sebagai Bahan Pangan Yang Multi Manfaat
  73. Fasilitas Hotel JW Marriott Jakarta
  74. Sejarah Singkat Hotel JW Marriott Jakarta, Struktur Organisasi Tata Graha di Hottel JW Marriott Jakarta
  75. Nama Alat Dan Obat Pembersih Serta Kegunaannya Untuk Hotel, Rumah Sakit 
  76. Cara Pengukuran Status Gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi
  77. Pengertian Maksud Tujuan dan Metode Penelitian | Jenis-Jenis Penelitian | Historis, Survey, Ex Post Factor, Eksperimen, Evaluasi, Pengembangan, Tindakan
  78. Penelitian Menurut Tempat, Lapangan, Kepustakaan, Laboratorium, Keilmiahan, Penelitian Pertanian, Penelitian Ekonomi, Fokus penelitian
  79. Fasilitas Yang Tersedia di Hotel Harris Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumennya
  80. Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha Departemen, Seksi-Seksi Pada Bagian Tata Graha, Seksi Linen dan pakaian seragam kerja (Linen dan Uniform section)
  81. Analisis SWOT, Strategi SO (Strenght and Opportunity), Strategi WO (Weakness and Opportunity), Strategi ST (Strength and Threat), Strategi WT (Weakness and Threat)
  82. Marketing Management, Marketing Mix, Distribution Channel, Segmented Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty
  83. Pengertian Prosedur, Vendor, Piutang Usaha, Utang Usaha, Jenis-jenis Hutang, Pengendalian Internal Hutang Usaha, Tujuan Pemeriksaan Atas Hutang Usaha
  84. Gambaran Umum Perusahaan Kimia Farma, Arti Logo Kimia Farma, Struktur Organisasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk.
  85. Bisnis Utama Perusahaan dan Perkembangan Permintaan Konsumen
  86. Kerangka Konsep, Tradisi Penelitian, Perilaku, Landasan Teori, Komunikasi Massa, Komunikasi Konvensional, Intensitas Iklan, Brand Awareness
  87. Prosedur Pembuatan Film After Marriage
  88. Pengaruh Intensitas Iklan Netflix di Youtube, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Berlangganan di Kota Jakarta
  89. Destinasi Wisata Kota Ternate Maluku Utara
  90. Strategi Pemasaran Sosial Pada Program CSR Vaksin Covid-19
  91. Strategi Pencapaian, Pembuatan Aplikasi Pembangunan Kawasan Pedesaan
  92. Green Banking Penunjang Pembangunan berkelanjutan yang berkaitan dengan lingkungan hidup bertujuan untuk Kelangsungan Perekonomian